E-Rapor Permudah Pengarsipan Nilai


ILUSTRASI/WWW.PENDIDIKAN.INFOASN.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Aplikasi e-Rapor yang terintegrasi dengan data pokok pendidikan (Dapodik) dinilai mengakomodir kebijakan program Merdeka Belajar. Terlebih dalam penilaian kompetensi siswa saat masa pandemi Covid-19 di Bandarlampung.

Ketua MKKS SMP Bandarlampung M. Badrun mengatakan, fasilitas ini merupakan instrumen akuntabilitas penilaian yang diharapkan dapat membantu dan mempermudah tugas pendidik dalam merencanakan serta pelaksanaan penilaian.





“Aplikasi e-Rapor sangat efektif dan efisien dalam menilai kompetensi siswa. Khususnya di SMPN 2 sudah lama menggunakannya. Ini mempermudah memasukkan nilai anak-anak yang terarsipkan. Jadi, kapan saja bisa dilihat. Selama ada jaringan tidak akan hilang, sehingga tidak lagi datang ke sekolah,” kata M. Badrun.

Terpisah, Wakil Kepala Bidang Akademik SMPN 35 Bandarlampung Bambang Budi Wahyudi mengungkapkan, penilaian melalui aplikasi ini berlaku bagi seluruh siswa.

”Hasil penilaian siswa, mulai dari kelas 7, 8, dan 9, lewat aplikasi ini,” kata Bambang.

Tidak hanya memasukkan nilai. Aplikasi ini juga dapat mengolah dan menganalisis hasil penilaian, mencetak rapor serta melaporkan hasil penilaian kepada orang tua/wali murid.

“Kami sebagai guru sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Selain mudah, hasilnya pun sangat akurat. Berbeda dengan cara manual yang pernah kami lakukan dulu yang rumit,” ujarnya. (mel/ais)