Edukasi Masyarakat tentang Potensi Bencana dan Wisata GAK

  • Bagikan
FOTO DOKUMEN ITERA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dosen Institut Teknologi Sumatera (Itera) Baiq Rindang Aprildahani, S.T., M.T., menggelar sosialisasi pengembangan daya tarik wisata bertema edukasi kebencanaan kepada masyarakat di kawasan sekitar Gunung Anak Krakatau (GAK), Lampung Selatan.

Kegiatan ini bekerjasama dengan mitra PT Volcano Tours dan berlangsung di Pulau Sebesi. Menghadirkan narasumber Andi Syahputra S.Hut., M.Sc.


Ia menyampaikan pengetahuan terkait potensi bencana dan mitigasi bencana yang tepat serta perlu dilakukan masyarakat dalam pengurangan risiko bencana.

“Kawasan GAK juga menyimpan potensi wisata alternatif. Di antaranya wisata sejarah letusan Gunung Krakatau, wisata alam daerah pesisir pantai, wisata olahraga air berupa snorkling dan diving di sekitar kawasan GAK,” kata Andi Syahputra.

Baca Juga:   Adaptasi Kemajuan Teknologi, Teknokrat Terapkan Perkuliahan Hybrid Learning

Menurutnya, potensi bencana yang dapat ditimbulkan dari aktivitas GAK di antaranya tsunami dan gempa bumi. Sebagai pendekatan mitigasi yang perlu dilakukan adalah dalam bentuk perlindungan potensi lingkungan dan insfrastruktur.

“Selain itu juga perlu memberikan pemahaman masyarakat agar memiliki kesiapsiagaan dengan penerapan early warning system skala tapak, koordinasi kelembagaan dan keberlanjutan kegiatan mitigasi,” paparnya. (rls/mel/ais)




  • Bagikan