Elektabilitas Airlangga Naik, Kemenangan di Pilpres Tergantung Mesin Partai


RADARLAMPUNG.CO.ID – Pengamat politik FISIP Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Royke Roberth Siahainenia menilai kemenangan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto tergantung soliditas internal dan kerja mesin partai.

Berdasar sejumlah hasil survei, elektabilitas Airlangga menempati posisi teratas sebagai calon presiden 2024.





Hasil survei Timur Barat Research Center (TBRC) menempatkan Airlangga dan Partai Golkar di urutan tertinggi elektabilitas Pemilu 2024.

Menurut Royke, tren kenaikan elektabilitas Airlangga tidak bisa dipisahkan dengan posisinya sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Airlangga dinilai sosok yang paling depan memerangi pandemi Covid-19 dalam lingkaran kekuasaan. Hal ini berkorelasi dengan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin di bidang perekonomian.

Baca Juga:   Lestarikan Makanan Khas Bung Karno, DPC PDI Perjuangan Bandar Lampung Gelar Festival Bakar Ikan Nusantara

TRBC merilis tingkat kepuasan public terhadap kinerja perekonomian mencapai 81,2 persen. Kinerja itulah yang dinilai publik sebagai jalan tanpa hambatan bagi Airlangga untuk menggantikan Presiden Jokowi pada Pilpres 2024 mendatang.

“Bapak Airlangga tentunya memiliki peluang besar untuk menggantikan posisi Jokowi sebagai Presiden,” tutur Royke di Salatiga, Sabtu (26/3).