Empat Proyek Perubahan Tubaba Diluncurkan

  • Bagikan

radarlampung.co.id- Empat Proyek Perubahan (Proper) yang digagas para peserta asal Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) pada Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKN II) Angkatan XIX di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BPSDM) Provinsi Jawa Barat resmi di launching.

Peluncuran proper yang dilaksanakan bersamaan dengan Penyerahan secara simbolis Kartu Identitas Anak (KIA) tersebut berlangsung di Aula Utama Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten Tubaba, Selasa (22/10).

Keempat proper tersebut yakni Community Service Dukcapil (CS Dukcapil) pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Peternak Pelopor Satu Induk Satu Anak Satu Tahun (Pelor S3) pada Dinas Peternakan, Dapur Berita pada Dinas Komunikasi dan Informatika, dan Strategi Publikasi Rapat-Rapat Paripurna dengan Digitalisasi pada Sekretariat DPRD Tubaba. Proper yang dilahirkan oleh para peserta PKN II tersebut merupakan sebuah gagasan untuk perubahan yang diharapkan dapat diterapkan di unit kerjanya masing-masing.

Peserta PKN tersebut merupakan pejabat eselon II di Lingkungan Pemkab Tubaba. Mereka yakni Drs. Ahmad Hariyanto, MM (Kepala Disdukcapil), Eri Budi Santoso, S.Sos, MH (Kepala Diskominfo), drh. Nazaruddin, MM (Kepala Dinas Peternakan), dan Nurmansyah, SE, MM (Sekretaris DPRD Tubaba).

Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP melalui Asisten bidang Pemerintahan Setdakab Tubaba sangat mengapresiasi para ASN yang melalui keikutsertaannya pada PKN Tingkat II telah melahirkan berbagai gagasan untuk perubahan, yang hendaknya nanti dapat diterapkan di unit kerja masing-masing. Menurutnya, pendidikan dan pelatihan kepemimpinan merupakan salah satu program untuk melakukan pembinaan dalam meningkatkan kompetensi aparatur pemerintah daerah.

”Untuk itu, Pemkab Tubaba senantiasa mendorong agar segenap aparatur di daerah ini mengikuti Pelatihan Kepemimpinan, yang tentunya hal tersebut dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan tugas di lingkungan Pemerintahan Daerah,”ungkapnya.

Menurutnya, PKN Tingkat II ini sangat baik dan penting, sebab selain dalam rangka pembentukan karakter ASN yang berinovasi dan kaya akan gagasan, ada sisi penting bagaimana seorang ASN dapat mengubah mindset atau pola pikir ASN dimana dia harus berusaha semaksimal mungkin dalam melayani masyarakat, meningkatkan upaya untuk mewujudkan komitmen pembelajaran tanpa akhir agar dapat melaksanakan tugas dan bertanggung jawab secara professional, mempersiapkan diri memasuki era baru penyelenggaraan pemerintahan, serta berani melakukan inovasi karena kemampuan berinovasi akan membedakan antara seorang Pemimpin dan Pengikut.

“Saya yakin, peserta PKN II Tahun 2019 pun memiliki kemampuan di bidang penguasaan diri (Self Mastery), memiliki Integritas Kepemimpinan, mampu menerapkan organisasi yang adaftif dan kepemimpinan kewirausahaan, serta mampu menerapkan manajemen strategis melalui analisis diagnostic reading, perumusan serta implementasi strategi dalam mengelola lingkungan strategis, yang didukung dengan kemampuan pemasaran (marketing) sektor publik, serta memiliki prinsip kepemimpinan kewirausahaan,”ulasnya.

Di akhir sambutannya, atas nama Pemkab Tubaba bupati juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BPSDM Jawa Barat yang telah bekerjasama dengan Pemkab Tubaba untuk keikutsertaan aparatur di daerah ini pada penyelenggaraan PKN Tingkat II Tahun 2019 ini. Berdasarkan pantauan, hadir pula Ketua TP-PKK Tubaba Ny. Kornelia Umar beserta jajarannya, serta sejumlah pejabat eselon II dan III di Lingkungan Pemkab Tubaba. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan