Enam Terduga Pungli Diciduk Polres Tanggamus

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Enam terduga pelaku pungutan liar (Pungli) diamankan aparat kepolisian Polres Tanggamus, Selasa (13/2). Keenamnya yakni, HE (19), JK (15), HR (44), JA (49), RO (29) dan PE (19).

Penangkapan terduga pelaku pungli tersebut hasil dari tim gabungan Polsek Kota Agung, Polsek Wonosobo, Polsek Semaka dan Polsek Pematang Sawa Polres Tanggamus yang melakukan razia pungli di Jalan Lintas Barat, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kabupaten Tanggamus, pada Selasa (13/2) sore.

Kapolres Tanggamus AKBP Alfis Suhaili menjelaskan, keenam terduga pelaku pungli tersebut diamankan di dua lokasi berbeda. HE, JK dan HR diamankan di pos Pekat IB-P2LBT sedangkan JA, RO dan PE diamankan di pos P3JL Pekon Sanggi, Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Baca Juga:   Persediaan Oksigen Jadi Kendala Penambahan Pasien

“Kami juga mengamankan barang bukti uang dari tangan para terduga sejumlah Rp70 ribu serta alat-alat berupa senter, traffic cone/rambu jalan, plang P3JL, 4 kursi plastik dan kursi kayu, buku catatan kendaraan, banner pos P2LBT, cat pilox dan lemari berlaci,” terangnya, Rabu (14/2) malam.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan laporan dari masyarakat yang resah terhadap pelaku-pelaku pungli sepanjang jalan Lintas Barat, Kabupaten Tanggamus.

“Selain itu razia ini kita lakukan bentuk upaya menciptakan kondisi yang kondusif dalam menghadapi Pilkada 2018,” ujarnya.

Terkait enam terduga pelaku pungli itu, lanjutnya, secepatnya akan diajukan ke Pengadilan untuk diproses lebih lanjut. Ke-enam terduga pungli tersebut dikenakan Pasal tindak pidana ringan dengan ancaman kurungan penjara lima minggu sampai enam minggu.

Baca Juga:   Lamteng Berduka, Asisten I Meninggal karena Covid-19

“Mereka kita kenakan tindak pidana ringan, karena mereka melakukan pungli dengan cara meminta uang kepada sopir-sopir yang lewat. Untuk sementara ini kami belum terima laporan bahwa mereka meminta uang dengan cara pemaksaan,” tutupnya. (adm/ang)




  • Bagikan