Fantastis, Siapkan Rp3 Miliar untuk Mobil Pejabat

  • Bagikan
FOTO ILUSTRASI INTERNET

RADARALAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung saat ini memiliki sekitar 200 unit kendaraan dinas (Randis) yang beroprasional aktif. Guna merawatnya, Pemkot menganggarkan biaya perawatan tahun 2019 sekitar Rp3 miliar.

Kepala Badan Pengolahan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandarlampung Trisno Andreas menuturkan, sekitar 200 unit randis tersebut tersebar di sejumlah satuan kerja (Satker). “Minimal setiap kepala satker satu randis, total ada 55 satker,” ucapnya.

Diutarakan, jumlah randis di setiap satuan kerja tidaklah sama. Tergantung kebutuhan masing-masing. “Kalau satker yang memiliki banyak randis seperti Dinas Lingkungan Hidup dan BPBD,” ucapnya.

Ia turut menjelaskan masa pakai randis berbeda-beda. Khusus randis pribadi biasanya masa pakai macapai tujuh tahun sementara untuk oprasional sekitar 10 tahun. “Kalaupun umurnya sudah lebih dari masa pakai namun masih bagus tentu tidak masalah, namun kalau sudah mulai rusak maka dapat dilelang,” ungkapnya.

Baca Juga:   Tahun Ini, Pemkot Bangun Tiga Puskesmas

Ditanya mengenai anggaran perbaikan, Trisno menuturkan setiap kendaraan dianggrakan dengan jumlah berebeda. Semisal kendaraan pribadi termasuk untuk bensin, ban, dan aki satu tahunnya sekitat Rp7,5 – Rp12  juta per mobil dinas.

“Nah kalau untuk mobil oprasional seperti truk sampah dan lainnya kita hitung setiap hari, dengan anggran perawatannya sekitar Rp30 juta selama satu tahun. Lalu untuk managemen perawatannya tergantung satker masing-masing,” ucapnya.

Secara keseluruhan, untuk anggran perawatan kendaraan dinas tahun 2018 Pemkot merogoh biaya sekitar Rp3 miliar, sementara untuk tahun 2019 akan ditambah. “Ya tahun lalu kan Rp3 miliar anggaran perbaikan randis, tahun ini kita tambah dikit lah, Rp3 miliar lebih,” ucapnya. (pip/sur) 




  • Bagikan