Fasilitasi Caleg Kampanye, Bawaslu Proses Kepala Pekon Adiluwih

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Bawaslu Pringsewu tengah meproses salah satu Kepala Pekon (Kakon) di Kabupaten Pringsewu karena terindikasi mengakomodir pertemuan antara Caleg dan masyarakat.

Kakon Purwodadi Kecamatan Adiluwih, Subardan ini diketahui memfasilitasi caleg DPRD Pringsewu dari Partai Golkar Lusi Arianti dan Caleg DPR RI Dapil 1 Lampung Dwi Aroem, untuk menggelar kegiatan senam bersama.

Ketua Bawaslu Pringsewu Azis Amriawan menyebut, Subardan membantu mengumpulkan masyarakat dalam kegiatan senam bersama tersebut.

”Ada kegiatan senam bareng, caleg yang hadir Golkar dari Lusi caleg DPRD kabupaten Pringsewu dan Dwi Aroem Caleg DPR RI Partai Golkar. Pada senam bareng di balai pekon, diduga di fasilitasi kepala pekon,” ungkap Azis melalui sambungan ponsel, Jumat (18/1).

Dalam kegiatan senam itu, sambungnya, ternyata kedua caleg hadir dan ikut senam bersama. Di sana keduanya juga memberikan sambutan. Sejauh ini, Aziz menduga Subardan melanggar pasal 282 Undang-undang 7/2017 tentang Pemilu.

Dalam pasal tersebut disebutkan pejabat negara, pejabat struktural, dan pejabat fungsional dalam jabatan negeri, serta kepala desa dilarang membuat keputusan atau melakukan tindakan yang menguntungkan atau merugikan salah satu Peserta Pemilu selama masa kampanye.

”Dugaan kami pasal 282, karena Kakon ini mengumpulkan warga untuk menghadiri acara tersebut. Karena informasi yang di dapat, Kakon mengakomodir pertemuan antara caleg dan masyarakat,” tandasnya.

Masih kata Aziz, sampai saat ini proses yang dilakukan pihaknya sudah memasuki tahap klarifikasi terlapor dan beberapa saksi. “Dalam pembahasan kasus ini telah di perpanjangan kasusnya. Jadi nanti akan ditindaklanjuti selama tujuh hari masa kerja ke depan untuk ditentukan pidana pemilunya, terpenuhi atau tidak,” pungkasnya (rma/kyd)




  • Bagikan