Februari, Bawaslu Lampung Bentuk Pengawas TPS Pemilu 2019

  • Bagikan
Plh. Ketua Bawaslu Lampung, Adek Asy'ari

radarlampung.co.id – Bawaslu Lampung akan melakukan rekruitmen pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019. Rencananya, tim ini akan dibentuk pada Februari.

Plh. Ketua Bawaslu Lampung Adek Asy’ari mengatakan, pembentukan pengawas TPS ini difungsikan untuk memaksimalkan pengawasan hingga ke TPS. Jumlah pengawas sendiri 1 orang per TPS. “Untuk itu, Bawaslu akan menugaskan personil yang akan ditempatkan di seluruh TPS yang ada di Provinsi Lampung,” kata Adek melalui pesan WahtsApp, Selasa (22/1).

Meskipun sebagai pengawas TPS, Adek mengatakan pengawasan tak hanya pada hari H. Namun juga membantu pengawasan kampanye peserta pemilu. Rencananya, akan mulai rekrutmen pada awal Februari.

“Kami masih menunggu pedoman teknis dan timeline dari Bawaslu RI. Barulah, nantinya sebelum melakukan pengawasan di TPS, karena masih masuk tahapan kampanye maka diminta untuk juga melakukan pengawasan kampanye peserta pemilu,” ujarnya.

Dijelaskannya, pengawas TPS ini sendiri akan bertugas melakukan persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara, persiapan penghitungan suara, pelaksanaan penghitungan suara dan mengawasi pergerakan penghitungan suara dari TPS ke PPS (Panitia Pemungutan Suara).

“Untuk itu kami mengharapkan partisipasi masyarakat dapat bergabung menjadi pengawas TPS yang handal dan berani. Sehingga potensi pelanggaran dan kecurangan Pemilu bisa diminimalisir,” tandasnya. (rma/kyd)




  • Bagikan