Feskabi 2019 Kenalkan QRIS

  • Bagikan
Foto Elga Puranti/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Lampung menggelar Festival Edukasi Bank Indonesia (Feskabi) 2019  di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila), Selasa (29/10). Kegiatan ini diikuti ribuan peserta yang terdiri dari mahasiswa.

Adapun tema yang diusung tahun ini adalah “QRIS (QR Code Indonesian Standard): Pembayaran Digital Ala Milenial”. Hal ini sejalan dengan kebijakan BI yang berkomitmen penuh untuk mendukung pengembangan sistem pembayaran dan memfasilitasi perkembangan ekonomi digital dan inklusi keuangan Indonesia.

Feskabi sendiri merupakan kegiatan sosialisasi dan edukasi yang diselenggarakan BI secara rutin sejak tahun 2013. Dalam kegiatan ini, BI menjelaskan mengenai fungsi, tugas dan kebijakan terkini Bank Indonesia kepada generasi milenial khususnya mahasiwa di berbagai kota di Indonesia.

Ditemui usai kegiatan, Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi mengatakan, ekonomi digital merupakan sebuah sumber pertumbuhan ekonomi baru. Berdasarkan data yang dia miliki, sebanyak 69 persen penduduk Indonesia berada di usia produktif dan 24 persen (sekitar 63,8 juta) merupakan para milenial.

“Kaum milenial itu memiliki suatu karakter yang selalu haus dengan ilmu pengetahuan, berani, dan lugas. Mereka sangat mengikuti perkembangan teknologi, karena itu kegiatan ini kita fokus kepada kaum milenial,” terangnya.

Saat ini, BI juga tengah berupaya untuk menumbuhkan ekonomi digital. Salah satu yakni dari sistem pembayaran secara non tunai dengan menggunakan aplikasi digital.

“Kemudian kita mengarahkan mereka ke arah kreatifiyas untuk membangun sumber pertumbukan ekonomi baru dengan mengkriet perusahaan-perusahaan baru,” tandasnya.

Selain itu, BI juga telah mengembangkan sistem pembayaran QRIS (QR Code Indonesian Standard) yang merupakan sistem barcode berstandar. Nantinya dengan QRIS ini, para pengguna sistem pembayaran non tunai akan lebih dimudahkan lantaran sistem pembayaran ini dapat digunakam di aplikasi apapun dan dimanapun. “Dan QRIS ini sudah secara masiv masuk ke kampus dan pasar tradisional,” pungkasnya. (ega/kyd)


Baca Juga:   Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih Penghargaan CEO Terbaik BPD di Indonesia


  • Bagikan