Festival Tiyuh-Tiyuh Tubaba Alami Perubahan

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID– Festival Tiyuh-tiyuh (Desa) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, mengalami perubahan konsep pelaksanaan. Kepastian itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Tubaba, Mansyur Yoesuf, Rabu (30/6).

Berdasar hasil koordinasi bersama pimpinan, Kapolres dan Satgas Covid-19 Kabupaten Tubaba, serta keputusan rapat bersama hari ini dengan asisten I dan para camat, lanjut Mansyur, maka ditetapkanlah untuk Pembukaan Festival Tiyuh-tiyuh tersebut akan dibuka Sabtu 3 Juli 2021 pukul 15.30 Wib, secara Daring atau Virtual dari Kota Budaya, Uluan Nughik.

“Sebelumnya kegiatan akan diselenggarakan setiap hari Sabtu dan Minggu selama bulan Juli. Namun, berdasar kesepakatan tersebut, maka kegiatan Festival hanya akan disiarkan pada setiap hari Minggu selama bulan Juli 2021 secara daring.”ungkapnya.

Baca Juga:   Kurun Dua Hari, 11 Warga Tubaba Wafat Terkonfirmasi Covid-19

Selain itu, lanjut dia, untuk Festival rencana awalnya pula akan dilaksanakan sepenuhnya di Uluan Nughik dengan setiap tiyuh menampilkan berbagai potensi seni budaya dan produk-produk keunggulan berupa kerajinan, kuliner, dan lain-lain. Namun, untuk pelaksanaan nanti hanya akan sebagian potensi yang ada di Uluan Nughik dan akan ditampilkan secara visual melalui platform digital khususnya hasil Workshop dan Pelatihan.

“Jadi, Pembukaan tetap akan digelar dari Uluan Nughik secara daring dan untuk pementasan dan penampilan lainnya akan diselenggarakan di tiyuh masing-masing juga dengan sistem daring.”paparnya.

Karena itu, untuk mengurangi mobilitas massa maka setelah hari pembukaan tersebut, Panitia Festival akan turun lapangan dengan mendatangi langsung setiap tiyuh peserta untuk melihat dan mengambil gambar serta video dari berbagai penampilan, pameran yang disajikan oleh mereka, dan hasilnya juga akan ditayangkan secara daring.

Baca Juga:   Disdikbud Tubaba Perpanjang KBM Daring

Sehingga masyarakat tetap dapat melihat pameran di Uluan Nughik atau di tiyuhnya masing-masing melalui platform digital. (fei/rnn/wdi)




  • Bagikan