FGD ICMI Bahas Ekonomi Lampung 

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) organisasi wilayah (Orwil) Lampung menggelar pertemuan ke-empat, dalam kegiatan bertajuk Focus Group Discussion (FGD) Bidang Ekonomi.

Kegiatan berlangsung di lantai 3, gedung Rektorat Kampus A (S1) Universitas Bandar Lampung (UBL).

Ketua Umum ICMI Orwil Lampung, Ir. M. Yusuf S. Barus mengatakan kegiatan ini merupakan pertemuan ke empat yang digelar.

Selain bidang Ekonomi, sebelumnya ICMI juga telah menggelar FGD bidang Sosial Budaya, Tata Kelola Pemerintahan atau Kepemimpinan, dan Infrakstruktur. Kegiatan tersebut telah dilangsung pada 15 Maret 2018, di gedung Pascasarjana UBL.

“Untuk hasil pertemuan minggu lalu masih kita olah, nantinya akan digabungkan semuanya untuk kemudian dimuat sebagai bahan rujukan bagi calon kepala daerah,” katanya.

Baca Juga:   Bangga, Bupati Winarti Tiga Besar Lulusan Terbaik Program Pasca Sarjana IPDN

Selain kalangan akademisi, FGD juga menghadirkan Kepala Badan Pengembangan SDM Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Lampung, Dr. Agus Nompitu, serta Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama pada Balitbangda provinsi Lampung Andy Mulya SSTP. MIP.

Adapun hal yang dibahas yakni seputar perkembangan perekonomian di provinsi Lampung selama beberapa tahun terakhir.

Dari hasil sementara paparan masing-masing akademisi, Yusuf mengatakan, ada tiga indikator yang menjadi tolak ukur dalam kesejaterhan diantaranya dari segi ekonomi, kesehatan dan pendidikan.

“Untuk saat ini indeks yang memberatkan itu bidang pendidikan. Karena level pendidikan di Lampung masih cukup rendah dengan rata-rata lama sekolah hanya 7,6 tahun,” katanya.

Baca Juga:   Penampakan Ruang Asrama Haji Rajabasa yang Akan Jadi RS Darurat

Angka terendah, sambung dia, justru disumbang oleh tiga kabupaten/kota yakni Bandarlampung, Metro, dan Pringsewu. “Inilah yang harusnya bisa menjadi perhatian kepala daerah selanjutnya,” katanya. (ega/ynk)




  • Bagikan