Forikan Mesuji, Kampanye Gemarikan

  • Bagikan
Ketua forikan Mesuji saat memberikan sambutannya
Ketua forikan Mesuji saat memberikan sambutannya

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan kegiatan hari Ikan Nasional ke-8 di Kabupaten Mesuji Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Mesuji Mengampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang bertujuan untuk peningkatan konsumsi ikan.


Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kabupaten Mesuji, Nelly Wati mengatakan, Ikan sebagai salah satu sumber protein hewani, merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik terhadap keluarga.

Ketua forikan berikan bingkisan
Ketua forikan berikan bingkisan

“Saya berharap, melalui Gemarikan, akan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan yang aman, sehat, dan halal dengan melibatkan seluruh elemen bangsa,” Ungkap Nelly, dalam sambutan pada acara Gemarikan dalam rangka memperingati Hari ikan Nasional ke 8 di Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji Selasa (23/11) lalu.

Baca Juga:   Dua Atlet Voli Mesuji Lolos Seleksi Popnas

Dalam upaya mendukung pelaksanaan kegiatan gemarikan, diperlukan suatu koordinasi lintas lembaga, lintas sektoral, lintas profesi dan lintas budaya.

Berikan bingkisan kepada salah satu murid sekolah dasar
Berikan bingkisan kepada salah satu murid sekolah dasar

Sebab Langkah tersebut membutuhkan strategi baru yang melibatkan seluruh komponen, agar mampu membangunkan kesadaran masyarakat mesuji untuk memilih ikan sebagai sumber protein utama dalam menu makanan keluarga.

Tingkat konsumsi makan ikan yang rendah, dapat mempengaruhi keberlangsungan industri pengolahan ikan dan kesejahteraan nelayan.

“Gemarikan ini merupakan tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja, tetapi juga para pengusaha dalam mendukung peningkatan konsumsi ikan di masyarakat,” Katanya.

Dia menjelaskan, Program gemarikan dapat memberikan efek positif terhadap industrinya, maupun pelaku perikanan di segala tingkatan terutama bagi para nelayan dan pembudidaya dalam mencapai kesejahteraan.

Baca Juga:   Dua Atlet Voli Mesuji Lolos Seleksi Popnas
Foto bersama
Foto bersama

Menurut sumber data Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung, tingkat konsumsi ikan provinsi lampung mencapai 34,77 kg/kapita/tahun, dan untuk konsumsi ikan kabupaten mesuji mencapai 33,10 kg/kapita/tahun. Target konsumsi ikan indonesia saat ini adalah 60 kg/kapita/tahun.

Dengan target konsumsi ikan 60 kg/kapita/tahun, artinya, setiap orang minimal mengkonsumsi ikan sebanyak 5 kg/bulan. Untuk itu saya menghimbau agar setiap ibu sebagai motor dalam keluarga dapat mengupayakan konsumsi ikan di keluarganya minimal 5 kg dikali jumlah anggota keluarga, setiap bulannya. (muk/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan