Forum Disdukcapil Lampung Gelar Rakor di Tuba

  • Bagikan
Sekkab Tulangbawang Anthoni membuka rakor Disdukcapil seluruh Lampung. FOTO DISKOMINFO TULANGBAWANG

RADARLAMPUNG.CO.ID – Forum Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) seluruh Lampung menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) di Lantai II Rupatama Kantor Bupati Tulangbawang, Selasa (22/10).

Banyak hal yang dibahas dalam rakor forum Disdukcapil tersebut, seperti pelayanan administrasi kependudukan, kartu tanda penduduk elektronik (e-ktp), kartu identitas anak (KIA), dan lain lain.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tulangbawang Anthoni yang membuka kegiatan mengatakan, Disdukcapil merupakan salah satu instansi yang sangat penting dalam melaksanakan tata kepemerintahan yang baik.

Anthoni mencontohkan salah satunya yakni melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan.

Menurutnya, salah satu program prioritas Pemerintah Pusat saat ini adalah percepatan perekaman E-KTP dan penerbitan akta pencatatan sipil.

“Program ini menjadi skala prioritas dalam rangka akurasi data penduduk, sekaligus untuk mendukung pencapaian target Nasional,” kata Anthoni mewakili Bupati Tulangbawang Winarti.

Selain itu, lanjutnya, salah satu hal penting dalam proses pelayanan administrasi kependudukan yakni kartu identitas anak (KIA).

“KIA merupakan program nasional dalam bentuk pemenuhan kewajiban negara bagi kepemilikan dokumen identitas masyarakat yang berusia di bawah 17 tahun, ini sebagai wujud kehadiran negara dalam menjamin dan menjaga anak-anak agar terlindungi dan mendapatkan hak-hak mereka,” jelasnya.

Dilanjutkannya, keberadaan kartu identitas bagi anak diharapkan dapat mempermudah akses anak dalam hal pelayanan publik secara mandiri, lebih cepat, murah, dan berkeadilan. Baik dalam hak mendapatkan pendidikan yang layak, pelayanan kesehatan yang prima, serta berbagai pelayanan sosial lainnya.

“Di Kabupaten Tulangbawang, saat ini program nasional tertib administrasi kependudukan bersinergi dengan 25 program unggulan kami. Hal ini sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Tulangbawang yang maju, menuju masyarakat sejahtera,” tandasnya. (nal/sur)




  • Bagikan