Forum Rescue Relawan Lampung Minta Masyarakat Disiplin AKB di Mulai dari Keluarga


Radarlampung.co.id – Forum Rescue Relawan Lampung, menggelar webinar terkait Pencegahan Covid-19 Cluster Keluarga, Sabtu (5/12).

Webinar melalui aplikasi zoom ini menghadirkan Dr.Franky Moudy Rumondor yang merupakan Relawan Uji Klinis Vaksin Sars-Cov2, Ketua Satgas Covid-19 IDI Kabupaten Bandung dan Anggota Satgas Covid-19 IDI Jawa Barat). Kegiatan ini dimoderatori oleh Relawan Tenaga Medis Dr.Mia Febriani Putri Nasruddin.





Dalam paparan materi, Dr.Franky Moudy Rumondor menyampaikan bahwa cluster keluarga saat ini sudah banyak ditemukan beberapa daerah di Indonesia. Hampir setiap hari ditemukan terkonfirmasi positif covid-19 dari Cluster keluarga.

“Makanya, masyarakat harus disiplin Adab Kebiasaan Baru (AKB) yakni patuhi Protokol kesehatan covid-19 seperti 3M untuk menekan jumlah masyarakat terpapar covid-19 termasuk dari Cluster Keluarga,” ugkap Dr.Franky.

Menurutnya, terpapar Covid-19 dari Cluster Keluarga terkadang karena kesalahan penggunaan masker. Dahulu, penggunaan masker untuk orang sakit namun sekarang memang diharuskan menggunakan masker.

“Kesalahan masyarakat apalagi dalam suasana adaptasi kebiasaan baru ini tidak memakai masker dengan benar. Terlebih ada beberapa pasien belum menerima hasil swab positif dan negatif tetapi sudah tidak mematuhi 3M dan pada saat keluar hasilnya, sudah banyak keluarganya ikut tertular dari pasien itu,” jelasnya.

Terpisah, Leader Forum Rescue Relawan Lampung bidang Tenaga Medis Covid-19, Dr.Mia Febriani Putri Nasruddin berharap, dengan webinar ini, dapat menekan penambahan pasien terpapar covid-19. Khususnya pada cluster keluarga masyarakat Lampung.

“Ini juga sebagai bentuk Kepedulian Forum Rescue Relawan Lampung terhadap Pencegahan Covid-19 di Indonesia khusunya di Provinsi Lampung,” ucapnya. (gie/yud)