Fraksi Pertanyakan Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19 di Lambar

  • Bagikan
Paripurna dengan agenda mendengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD terhadap nota pengantar LPj. 2020 di DPRD Lampung Barat, Selasa (8/6). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Lima fraksi di DPRD Lampung Barat, yakni Fraksi Demokrat, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS Bersatu, dan Fraksi Restorasi Pembangunan Bangsa menyoroti anggaran penanganan virus Corona tahun 2020.

Hal ini diungkapkan dalam rapat paripurna penyampaian pemandangan umum fraksi terhadap nota pengantar Laporan Pertanggungjawaban (LPj.) atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2020 di ruang sidang Marghasana DPRD Lambar, Selasa (8/6).

Dalam pemandangan umum yang dibacakan Heri Gunawan, Fraksi Demokrat meminta eksekutif memberikan penjelasan terkait dengan kegiatan penanganan penanggulangan Covid-19.

“Pada belanja APBD tahun 2020, terdapat realisasi dana biaya tidak terduga (BTT) sebesar Rp22,10 miliar lebih. Apakah ini khusus untuk penanganan Covid-19, atau dana BTT secara keseluruhan,” kata Heri Gunawan.

Baca Juga:   Tabrak Pembatas Jalan, Satu Orang Tewas dalam Kecelakaan Tol Terpeka

”Dalam kegiatan penanganan dan penanggulangan Covid-19, apakah pemerintah daerah tidak menerima sumbangan pihak ketiga. Pada belanja juga terdapat realisasi belanja bantuan keuangan sebesar Rp183, 52 miliar lebih. Mohon dijelaskan mengenai apa yang dimaksud dengan bantuan keuangan tersebut,” tegasnya.

Selanjutnya, pemandangan umum Fraksi Golkar yang dibacakan Ismun Zani juga meminta penjelasan secara rinci terkait sumber dan kemana alokasi penggunaan anggaran yang diperuntukkan penanganan Covid-19  pada tahun anggaran 2020.

”Terkait dengan realokasi anggaran pada tahun 2020 yang lalu untuk penanganan pandemi Covid-19, dalam catatan kami, beberapa OPD melaksanakan program pengadaan cuci tangan yang diperuntukan beberapa fasilitas umum dan tempat-tempat strategis. Fraksi Partai Golkar mempertanyakan kemanakah aset daerah tersebut saat ini. Mengingat anggaran yang diperuntukkan program dimaksud cukup fantastis,” kata dia.

Baca Juga:   Siap-siap, Pedagang Emperan Akan Turut Dipasang Tapping Box



  • Bagikan