Fraksi PKS DPRD Lamtim Kritisi Rolling Jilid 1

  • Bagikan
Anggota Fraksi PKS DPRD Lamtim Nur Fauzan. Foto Dwi/Radarlampung.co.id
Anggota Fraksi PKS DPRD Lamtim Nur Fauzan. Foto Dwi/Radarlampung.co.id

Radarlampung.co.id -Kebijakan Bupati Lampung Timur mengalih tugaskan sejumlah pejabat eselon III dan IV mendapar kritisi kalangan dewan. Anggota Fraksi PKS DPRD Lamtim Nur Fauzan menjelaskan, sejatinya Fraksi PKS mengapresiasi kebijakan bupati dalam penataan dan pengelolaan pemerintahan.

Namun, lanjut Nur Fauzan, seharusnya penataan pegawai yang dilaksanakan tidak merubah peran dan fungsi abdi negara sebagai pejabat fungsional dan struktural. Sebagaimana yang dilaksanakan pada penataan 87 pejabat eselon III dan IV, Rabu (8/9) lalu.


Menurutnya, dari 65 pejabat eselon III yang dialih tugaskan pada saat itu, terdapat 1 tenaga pendidik dan 2 tenaga medis yang dilantik sebagai Camat.

Ditambahkan, merujuk Undang-undang (UU) nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen serta UU nomor 5 tahun 2014 tentang ASN serta Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 28 tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai administrasi kepala sekolah, menerangkan bahwa kepala sekolah itu adalah guru yang diberi tugas tambahan mengelola administrasi sebagai kepala sekolah.

Baca Juga:   Diduga Korupsi Dana Hibah, Oknum Wakil Ketua DPRD Lamtim Ditahan

“Kebijakan promosi dan alih tugas jabatan memang menjadi hak preogratif bupati. Namun, dalam penempatan penjabat seharusnya memperhatikan assesment kecakapan, kapasitas, kapabilitas, dan memperhatikan jenjang golongan dan kepangkatan. Kemudian penempatan pejabat juga harus sesuai peran dan fungsi abdi negara,” imbuh Nur Fauzan.

Diketahui, untuk kali pertama sejak menjabat sebagai Bupati Lampung Timur M. Dawam Rahardjo melakukan perombakan jajaran atau alih tugas (rolling) pejabat, Rabu (8/9). Perombakan dilakukan terhadap  65 pejabat eselon III dan 22 eselon IV. Pejabat eselon III yang dirolling antara lain, Aan Setiawan dari Kabid Formasi dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah menjadi Kabid Layanan Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga.

Baca Juga:   Simak, Ini Pesan Bupati Lamtim Kepada Pelaku UMKM

Sedangkan pejabat eselon IV yang dirolling antara lain Heri Antoni dari Kabid Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa menjadi Kasi Pengembangan Aplikasi Dinas Komunikasi dan Informatika.

Selain itu, dari 65 pejabat eselon III itu terdapat 18 camat. Antara lain, Selamet Hariyanto dari Sekretaris Kecamatan Pekalongan menjadi Camat.

Pelantikan para pejabat yang dilaksanakan di Gedung Pusiban Sukadana itu dipimpin Sekretaris Kabupaten M. Jusuf mewakili Bupati Lamtim, pukul 17.00 WIB. (wid/sur)




  • Bagikan