Gagalkan Penyelundupan 6.075 Ekor Burung, KSKP Bakauheni Raih Penghargaan

  • Bagikan

radarlampung.co.id – KSKP Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel), beberapa kali berhasil menggagalkan penyelundupan burung.

Tercatat, selama dua bulan terakhir, ada sekitar 6.075 ekor burung yang berhasil di amankan.


Atas pencapaian tersebut, FLIGHT Protecting Birds, LSM yang berfokus pada perlindungan burung liar di Indonesia, memberikan piagam penghargaan dan plakat kepada KSKP Pelabuhan Bakauheni.

Direktur Komunikasi FLIGHT, Nabila Fatma mengatakan, pemberian penghargaan ini, karena KSKP Bakauheni dalam waktu 2 bulan terakhir (Agustus dan September) sudah menggagalkan penyelundupan burung liar sebanyak 6.075 ekor.

“Kami memberikan penghargaan langsung kepada Kepala KSKP Bakauheni Lamsel, AKP Ridho Rafika. Karena saat kepemimpinan beliau. Seluruh burung yang akan di selundupkan dapat digagalkan,” ungkap Nabila Fatma, Sabtu (18/9).

Baca Juga:   Viral Video ‘Dicegat Begal di Lampung’, Ustaz Nasihin Sebut Settingan untuk Edukasi

Dia menjelaskan, pelabuhan Bakauheni, merupakan pintu keluar utama bagi penyelundupan burung liar Sumatera ke Jawa. Burung-burung yang disita telah dilepasliarkan kembali ke habitat alaminya.

“Perburuan dan penyelundupan yang marak ini, dapat mengancam populasi dan ekosistem burung di Sumatera. Mengingat burung memiliki fungsi ekologi bagi ekosistem. Seperti menyebarkan benih tanaman dan penyeimbang rantai makanan,” katanya.

Sementara, Kepala KSKP Bakauheni Lamsel, AKP Ridho Rafika mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh FLIGHT Protecting Birds. Hal ini akan menjadi motivasi untuk memberantas seluruh penyelundupan hewan liar atau barang yang melanggar hukum.

“Terima kasih apresiasi yanhg diberikan kepada kami. Penghargaan ini akan lebih meningkatkan lagi kinerja pemburuan dan penyelundupan satwa liar yang mengancam populasi dan ekosistem burung dipulau sumatera,” pungkasnya. (yud)




  • Bagikan