Gagas Lembaga Advokasi Guru untuk Dampingi Tenaga Pendidik

  • Bagikan
FOTO INSTAGRAM DENI RIBOWO

RADARLAMPUNG.CO.ID – Upaya membantu para tenaga pendidik dalam menghadapi masalah saat bertugas menjadi salah satu dasar pembentukan lembaga advokasi guru. Wadah ini akan melakukan pendampingan dan penyuluhan hukum gratis kepada guru dan kepala sekolah.

Hal ini disampaikan anggota Komisi V DPRD Lampung Deni Ribowo saat reses di Banjit, Waykanan.


“Hari ini saya menyapa saudara-saudara di Kecamatan Banjit, setelah kemarin menghabiskan waktu bertukar pikiran dengan orang-orang hebat di Kecamatan Baradatu dan Gunung Labuhan,” kata Deni Ribowo.

Politisi Partai Demokrat ini mengungkapkan, saat reses di Kecamatan Gununglabuhan dan Baradatu, sejumlah kepala sekolah menyampaikan ketidaknyamanan ketika melaksanakan tugas.

Di mana, mereka kerap didatangi oknum yang ingin mengambil keuntungan sendiri. Seperti melakukan pemerasan. “Mereka stres, dengar nada dering telepon saja ketakukan. Sebab kerap didatangi oknum, bahkan kadang dua kali seminggu,” tegasnya.

Baca Juga:   Pengamat : KPK Harus Kembangkan Kasus Azis Syamsuddin

Karena itu, terus Deni, ia dan beberapa rekannya membentuk lembaga advokasi guru. “Selain pendampingan kepada guru dan kepala sekolah yang mendapat tekanan oknum tidak bertanggung jawab, juga terkait masalah pidana. Misalnya guru yang dilaporkan melakukan dugaan kekerasan terhadap siswa dan lainnya,” urainya.

Dalam reses tersebut, Deni juga menerima aspirasi sekolah yang berharap bantuan sumur bor untuk memenuhi kebutuhan air bersih. (sah/ais)




  • Bagikan