Ganti PLTS di Desa Legundi dengan PLTD

  • Bagikan
HEKSUS
HEKSUS

radarlampung.co.id – Pemkab Pesawaran bekerjasama dengan PLN membangun Unit Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Desa Legundi. Sebelumnya, unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di wilayah tersebut rusak dihantam tsunami akhir tahun lalu.

“Hari ini alat-alat sudah di Dermaga Ketapang dan mulai menyeberang. Insha Allah besok, kita dan PLN segera mengoperasikan PLTD atau penyalaan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pesawaran Heksus, Jumat (22/3).


Rencananya, launching penyalaan PLTD dilakukan dalam waktu dekat dan dihadiri Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona bersama pihak PLN. PLTD tersebut mampu menerangi 50 rumah di Desa Legundi.

Heksus mengungkapkan, revitalisasi unit PLTS yang rusak akibat tsunami sudah diajukan ke Kementerian ESDM. Tim dari kementerian sudah melakukan survey. ”Kalau itu (revitalisasi PLTSL, Red) sudah kita ajukan. Sebab sudah rusak berat. Kita jemput bola ke pemerintah pusat. Tinggal menunggu jawaban,” ujarnya.

Tidak hanya persoalan revitalisasi PLTS yang dibenahi.  Urusan ketersediaan air bersih di Legundi melalui program sumur bor dalam dari Kementerian ESDM  saat ini sudah menemui titik terang

“Sudah ada titik terang. Mudah-mudahan sumur bor dalam, bantuan pusat untuk Pulau Legundi segera direalisasikan,” tegasnya. (ozi/ais)

 

 

 




  • Bagikan