Gara-gara Puntung Rokok, 100 Ha Lahan Ilalang di Danau Asam Suoh Terbakar

  • Bagikan
Lahan ilalang di sekitar Danau Asam, Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) terbakar Minggu sore (8/9). FOTO DOKUMEN PERATIN SUKAMARGA

radarlampung.co.id – Sekitar 100 hektare lebih lahan ilalang di sekitar Danau Asam terbakar, Minggu (8/9). Kebakaran di wilayah yang masuk  kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) itu diduga disebabkan puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Peratin Pekon Sukamarga Ahim Abdiani membenarkan kebakaran tersebut. Pihak pekon bersama petugas TNBBS, Satgas Penanggulangan Bencana,  aparat kepolisian, Babinsa dan warga berupaya melakukan pemadaman.

“Kebakaran itu diketahui sekitar pukul 15.15 WIB. Hingga sore ini, api belum bisa kita padamkan dan terus membesar serta merembet ke bagian dalam,” kata Ahim.

Upaya pemadaman juga dibarengi penyekatan agar api tidak merambat ke lokasi lain. “Kita sudah lapor ke BPBD. Semoga api cepat dipadamkan,” sebut dia.

Baca Juga:   Ombak 2 Meter Terjang Empat Rumah

Lebih lanjut Ahim mengimbau agar warga berhati-hati dan tidak membuang puntung rokok sembarangan. Terlebih saat ini musim kemarau, sehingga belukar mudah terbakar.




  • Bagikan