Gardu PLN Diduga Dirusak, PLN Imbau Masyarakat Ikut Responsif

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – PLN Unit Induk Distribusi (UID) Lampung mencatat sebanyak 29 gardu distribusi PLN diduga dirusak oknum tidak bertanggung jawab dan pencurian kabel sejak Maret 2021 hingga hari ini (17/5).

Manager PLN UP3 Tanjungkarang Zamzami mengatakan, dari awal Maret lalu, terjadi pencurian kabel NYY pada gardu distribusi dan perusakan asset di wilayah kerja PLN UP3 Tanjungkarang, khususnya di wilayah kerja PLN ULP Wayhalim, PLN ULP Karang, dan PLN ULP Telukbetung.

Bahkan, usai Hari Raya Idul Fitri ini, juga telah terjadi pengrusakan di 3 titik gardu distribusi PLN. “Antara lain di Jl. Komarudin, Jl. Nunyai Rajabasa, dan Jl. Tirtaria Waykandis,” ujarnya, Senin (17/5).

Baca Juga:   Lampung Juara Umum Seleknas Sea Games

Dikatakannya, pengrusakan tersebut tentu mengakibatkan kerugian materil, selain itu juga dapat mengganggu pasokan listrik kepada pelanggan PLN.

“Bahkan juga dapat menyebabkan bahaya tegangan lebih (overvoltage) yang dapat merusak peralatan-peralatan elektronik warga. Kami langsung bergerak cepat dengan melaporkan insiden ini ke pihak Kepolisian pada 18 Maret lalu, dan saat ini masih dalam proses investigasi,” imbuhnya.

Terpisah, Manager Komunikasi PLN UID Lampung Junarwin pun mengimbau kepada lapisan masyarakat, juga pelanggan PLN untuk ikut membantu memberikan informasi, jika ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar gardu distribusi PLN.

“Kami mengajak masyarakat segera informasikan kepada kami jika mengetahui atau melihat aktivitas mencurigakan di gardu distribusi melalui call center 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile,” pungkasnya. (rur/sur)



  • Bagikan