Geger Suara Dentuman di Langit, Ini Respon BMKG

  • Bagikan
foto ilustrasi dok Shutterstock

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sejumlah warga di sejumlah kabupaten/kota di Lampung mengaku mendengar suara dentuman di langit, Kamis (28/1) malam. Suara dentuman diduga terdengar di Tanggamus, Lampung Timur, Lampung Tengah, Metro, dan daerah lain.

Belakangan, suara dentuman itu dikaitkan dengan temuan benda langit yang jatuh diduga meteor di Punggur, Lampung Tengah. Fenomena suara ini membuat sejumlah pengguna media sosial Instagram bertanya ke akun @Infobmkglampung yang diketahui akun resmi BMKG Lampung. Mereka memenuhi kolom komentar unggahan BMKG.

Di kabupaten Tanggamus dan sekitarnya terdengar suara dentuman pukul 22.00. Semoga BMKG bisa memberikan penjelasan asal suara tsb,” jelas pemilik akun @afriansapurta_ seperti yang dilihat radarlampung.co.id.

Saya dilampung timur tepatnya dikecamatan sekampung juga dengar suara dentuman kenceng bangt kira2 pukul 22.00 tadi,” tulis pemilik akun @mustika_romansa.

Baca Juga:   Gubernur Lampung Turun Langsung Salurkan Bantuan ke Warga

Dihubungi Radarlampung.co.id, Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Radin Inten II Lampung Rudi Haryanto mengaku tidak bisa memberikan statmen terkait temuan batu yang diduga meteor di Lampung Tengah.

“Saya nggak berani statmen karena kan bukan ranah dan tupoksi BMKG. Itu (meteor) tepatnya tupoksi LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional). Kalau pengamatan kami kan hanya suhu, tekanan, kelembaban, angin dan curah hujan,” kata Rudi.

Tetapi dari sisi BMKG, ia menerangkan tadi malam tidak ada catatan gempa yang diterima alat seismograf. “Dari sisi BMKG dari alat geofisika pun tidak mencatat pergerakan seismik,” katanya.

Terkait apakah suara fenomena suara dentuman yang mengaku didengar sejumlah masyarakat, Rudi mengatakan untuk cuaca, sekitar pukul 22.00 WIB memang di sejumlah daerah terpantau hujan deras.

Baca Juga:   Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket kepada Masyarakat Terdampak Covid-19

“Kalau tadi malam potensi hujan lebat dengan disertai petir ada di Lampung Barat, Lampung Tengah, dan Lampung Utara kisaran pukul 22.00 WIB. Karena itu, terkait suara dentuman kami tidak bisa berargumen tentang itu,” tandasnya. (nca/sur)




  • Bagikan