Gelar FGD, FKUB Cegah dan Tangkal Radikalisme 

  • Bagikan

radarlampung.co.id -Focus Group Discussion (FGD) Lintas Agama Dan Budaya menggelar pertemuan antar umat beragama, dalam rangka mencegah dan menangkal radikalisme kerjasama Satbinmas Polresta Bandarlampung dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Bandarlampung, Rabu, (16/5).

Acaranya berlangsung di Begadang Resto Bandarlampung tersebut dihadiri para tokoh agama dan ketua adat serta Kepala Satuan Bina Masyarakat (Binmas) Polresta Bandarlampung serta tamu undangan lainnya.

Ketua FKUB Bandarlampung M. Afif Anshori mengatakan, dalam kegitan forum antar umat beragama ini untuk menyatakan sikap mencegah dan menangkal radikalisme.

“Dalam forum ini juga kami semua bersepakat mengutuk tindakan terorisme yang memakan korban orang banyak,” ujarnya.

Afif menegaskan, bahwa pelaku pengeboman tidak bisa mengataskan nama agama atas perbuatannya sebab di dalam agama apapun tidak ada yang mengajarkan perbuatan seperti itu.

Baca Juga:   Ratusan Warga Geruduk Gerai Vaksinasi Pizza Hut

“Maka dari itu para tokoh dan ketua adat sepakat menjalin kerjasama untuk menangkal gerakan radikalisme di kalangan masyarakat,” tegasnya.

Untuk mencegah dan menangkal radikalisme, lanjut dia, diharapkan masyarakat tidak melakukan swiping sendiri tapi harus melibatkan aparat keamanan.”Untuk menghidari itu semua jadi kami sepakat bekerjasama dengan Binmas Polresta Bandarlampung,” jelasnya.

Dia pun meminta kepada seluruh tokoh agama sepakat untuk membina umatnya masing-masing dan mengajarkan agama yang benar dikelompoknya sendiri.

“Kemungkinan bagi pelaku teroris ini ada pemahaman agama yang mungkin disalah artikan, maka dari itu diperlukan pemahaman agama karena itu sangat penting sekali,” tandasnya. (ndi/ang)




  • Bagikan