Gelar Pendidikan Guru Penggerak di Pesawaran

  • Bagikan
Tenaga pendidik mengikuti Pendidikan Guru Penggerak (PGP) di GSG Pemkab Pesawaran, Jumat (12/11). FOTO FAHRURROZI/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan diharapkan melahirkan peserta didik yang memiliki enam profil dimensi Pancasila.

Hal itu dikatakan penanggung jawab PGP angkatan 2 Pesawaran Enung Sumarni, MPd., MT. “Tenaga pendidik yang mengikuti pelatihan guru penggerak diharapkan bisa melayani murid, learing is fun dan output-nya, murid mampu memiliki enam profil dimensi Pancasila,” tegas Enung Sumarni.


Enung menuturkan, Standar Kompetensi Lulusan (SKL) bagi peserta yang mengikuti PGP terdiri dari enam profil dimensi Pancasila. Yakni beriman kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, gotong-royong, bernalar kritis dan kreatif.

“Untuk angkatan I Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Matematika dengan wilayah tugas Palembang, Lampung, Sumatera Barat, DIY dan Jawa Tengah, diikuti sekitar 600 peserta. Pada gelombang kedua juga diikuti sekitar 600 mulai PAUD hingga SMA,” ujarnya.

Baca Juga:   VAKSINASI LANSIA

Dijelaskan, untuk P4TK Matematika secara keseluruhan sudah memasuki angkatan ke-5. Khusus di Lampung, pelaksanaan kegiatan PGP sudah masuk angkatan ke-2.

Untuk Pesawaran diikuti sebanyak 24 tenaga pendidik. Empat di antaranya pengajar praktik. Kegiatan berlangsung selama dua hari sejak Jumat (12/11), di GSG Pemkab Pesawaran.

“Mereka (pengajar praktik, Red) sudah seleksi di nasional. Mereka ini membimbing calon guru penggerak untuk melaksanakan lokakarya, dan ini sudah lokakarya ke-7. Ke depan, lulus sebagai guru penggerak, menjadi salah satu syarat menjadi kepala sekolah,” pungkasnya. (ozi/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan