Gempa Bumi Tidak Berpotensi Tsunami

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Gempa bumi dengan kekuatan 5,0 skala richter (SR) sempat dirasakan warga Kotaagung, Tanggamus, Sabtu malam (12/1). Salah satunya disampaikan Anista. Gempa terasa sekitar pukul 19.04 WIB.

”Gempanya sempat terasa. Memang cuma sebentar,” kata Anista.

Hal sama juga disampaikan Nisar, warga Kelurahan Pasarmadang, Kotaagung. Ia juga merasakan getaran Sabtu malam.

Kabid Kedaruratan BPBD Tanggamus Adi Nugroho mengatakan, berdasar informasi dari BMKG, gempa tektonik tersebut terjadi di Samudera Hindia Selatan Selat Sunda. Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi ini berkekuatan M=5,0 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=4,9.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,85 LS dan 104,24 BT, tepatnya berlokasi di laut pada jarak 158 km arah Selatan Kotaagung, Tanggamus, pada kedalaman 53 kilometer.

Baca Juga:   DPRD Tubaba Akan Dapat THR, Ini Rinciannya

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah lempeng Eurasia, tepatnya di zona Megathrust. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (thrust fault).

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Liwa dalam skala intensitas II – III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami. (ehl/ais)

 





  • Bagikan