Gerak Cepat Pembangunan ITERA Tahun 2014-2018

  • Bagikan

Tak terasa sebentar lagi Institut Teknologi Sumatera (ITERA) selaku perguruan tinggi negeri termuda di Tanah Air akan genap berusia 4 tahun. Tepat pada 6 Oktober 2018, ITERA akan merayakan Dies Natalis ke-4.

SELAMA empat tahun ke belakang pula ITERA telah melakukan percepatan pembangunan di bawah kepemimpinan Prof. Ir. Ofyar Z Tamin, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor ITERA periode 2014-2018.

Seperti yang kita lihat bersama saat ini, pengembangan kampus ITERA selama 2014-2018, yang juga merupakan Program Kerja Rektor ITERA masa bakti 2014-2018, lebih banyak diprioritaskan pada pembuatan dan penguatan pondasi awal bagi pengembangan kampus dan juga pembangunan infrastruktur dasar untuk kampus ITERA yang disesuaikan dengan statuta, OTK, rencana jangka pendek (1 tahun), menengah (5 tahun), jangka panjang (20 tahun), dan mengacu pada beberapa masterplan yang telah disusun pada masing-masing kegiatan.

Hal ini dilakukan agar arah pembangunan di ITERA sejalan dengan visi dan misi yang ditetapkan, serta selaras antara program yang satu dengan lainnya.

Baca Juga:   Delapan Reklame Ditempel Stiker Tak Bayar Pajak dan Terancam Ditebang

Kemudian pada tahun 2014-2018 dilaksanakan pula pembangunan infrastruktur dasar yang dapat mendukung terlaksananya kegiatan akademik dan non-akademik seperti; pembangunan gedung kuliah yang dilengkapi dengan laboratorium dan ruang pelayanan administrasi, gedung perkantoran, pembukaan jalan dalam kampus, embung, sarana ibadah, asrama mahasiswa, kantin, pembangunan sistem informasi dan komunikasi, klinik, dan lainnya.

Yang tidak kalah penting, pada tahun 2014-2018 telah dimulai pula pembangunan proyek strategis guna mewujudkan ITERA sebagai smart, friendly, and forest campus seperti pembangunan Kebun Raya ITERA, Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL), Masjid Raya At-Tanwir ITERA, dan Stasiun Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG) ITERA.

Hal lain yang juga menjadi fokus utama pembangunan ITERA 2014-2018 adalah peningkatan kualitas dan kuantitas program studi, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.

Peningkatan kualitas dilakukan dengan mendatangkan guru besar dan dosen aktif Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Unila, UBL, dan UIN Raden Intan untuk mendukung dan mendampingi dosen muda ITERA saat mengajar agar kualitas dan mutu materi perkuliahan terjamin.

Baca Juga:   Terpidana Fee Proyek Lamsel Jalani Eksekusi Hukuman di Rutan Kelas I Bandarlampung

ITERA juga mendukung peningkatan kualitas dosen muda ITERA dengan memberi kemudahan-kemudahan agar dosen muda ITERA dapat segera melanjutkan kuliah S3. Pada 2018 hingga tahun 2022,  dosen S2 yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang S3 mencapai 157 orang. Dan saat ini,  ITERA telah memiliki 13 Doktor, dan ada 11 dosen ITERA yang sedang kuliah S3.

Sedangkan peningkatan kuantitas dilakukan dengan menambah jumlah program studi, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan rencana jangka panjang pengembangan ITERA serta masterplan percepatan pembangunan ITERA.

Dengan segala kerja keras yang dilakukan selama tahun 2014-2018 oleh Rektor dan didukung penuh oleh jajaran pimpinan, dosen, serta tenaga kependidikan ITERA, cita-cita ITERA untuk menjadi Center of Exellence di Sumatera, bukan hal yang tidak mungkin kita wujudkan pada masa mendatang. (adv)




  • Bagikan