Gerak Cepat Tangani Malaria di Sukajaya Lempasing

  • Bagikan
Tenaga kesehatan melakukan pemeriksaan kepada warga di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Telukpandan. Ini terkait pemberantasan penyakit malaria di kawasan tersebut. FOTO EDY SUSANTO/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Telukpandan bersama UPT Puskesmas Hanura bergerak cepat menangani penyakit malaria yang mewabah di Dusun III.

Kepala Desa Sukajaya Lempasing A. Zainuri mengatakan, langkah penyemprotan oleh aparatur desa dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran penyakit malaria.

Zainuri menegaskan, penyemprotan merupakan tindak lanjut dari upaya pencegahan penyebaran malaria oleh pihak desa bekerja sama dengan UPT Puskesmas Hanura.

“Kegiatan penyemprotan malaria
di Dusun 3 dilakukan di RT. 01, 02, 03 dan 04. Kasus terbanyak di RT. 04 yang menurut keterangan dari kader kesehatan kita, ibu Jupiyati dan ibu Nining terdapat 60 kasus malaria,” kata Zainuri, Sabtu (26/6).

Baca Juga:   Pesawaran Raih Penghargaan KLA Katagori Madya

Menurut Zainuri, sebelum penyemprotan menggunakan obat Actellic 300 CS, pihak pukesmas dan dinas kesehatan bekerjasama dengan desa telah menabur obat jentik nyamuk disepanjang kali dan got-got di sekitar pemukiman.

Selain itu, dilakukan pemeriksaan terhadap masyarakat sebelum penyemprotan. “Kami selalu mengimbau warga menjaga kebersihan lingkungan untuk menghindari penyebaran penyakit malaria ini,”tandasnya.




  • Bagikan