Getaran Gempa Pesawaran Dirasakan Sampai Bogor, Ini Kata BMKG

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Pesawaran pada Kamis (10/5) sekitar pukul 04.25 WIB, berkekuatan 5,7 Scala Richter (SR), ternyata dirasakan sampai daerah Nanggung, Bogor, Jawa Barat. Apa sebenarnya penyebab gempa ini?

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung menyatakan gempa Pesawaran merupakan jenis gempa bumi menengah.

“Jadi ini merupakan gempa bumi menengah. Disebabkan aktifitas subduksi dan hasil analisis BMKG menunjukan bahwa sumber mekanisme gempa bumi ini merupakan kombinasi pergerakan datar dan menurun,” jelas Kepala Seksi Data dan Formasi BMKG Lampung Rudy Hariyanto kepada radarlampung.co.id, melalui sambungan telponnya, Kamis (10/5).

Lalu, terkait ada potensi gempa bumi lanjutan sampai saat ini pihaknya belum bisa memprediksikan.

Baca Juga:   Sepakat, Akses Menuju Ponpes Daarul Ulum Dibuka, Ini Syaratnya

“Belum bisa di prediksi, sampai saat ini juga belum ada teknologi yang memungkinkan untuk memprediksi gempa, yang bisa di prediksi itu hanya tsunami. Itu berdasarkan kekuatan dan kondisi gempa bumi, yang terjadi,” ungkapnya.

Mengapa gempa bumi yang melanda Pesawaran bisa dirasakan juga di Bogor, pihaknya memastikan hal itu disebabkan bahwa jalur sesarnya yang sama.

“Kalau dari sebelumnya historinya di Selat Sunda ini ada sesar yang aktif. Seperti kejadian gempa di Banten, itu sebenarnya dilihat jalurnya hampir berdekatan. Yang sekarang ini artinya jalurnya merupakan Selat Sunda,” tandasnya. (rlo/ang)




  • Bagikan