Gubernur Arinal : Kondisi Cuaca Harus Sampai ke Semua Lapisan Masyarakat

  • Bagikan
Foto Diskominfo Provinsi Lampung

RADARLAMPUNG.CO.ID-Cuaca di Provinsi Lampung belakangan mulai intens turun hujan. Hal ini membuat Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta informasi cuaca dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung harus sampai ke semua lapisan masyarakat. Termasuk kalangan petani dan nelayan.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung, Rudy Sjawal Sugiarto pada Senin (29/11). “Tadi kami sudah rapat dengan Pak Gubernur dan BMKG. Karena pak gubernur minta informasi terkait kondisi cuaca agar sampai ke masyarakat tingkat bawah. Selama ini pak Gubernur dapat info bahwa belum bisa sampai langsung ke masyarakat terkait cuaca,” beber Rudy.



Menurutnya, atas permintaan tersebut BPBD Provinsi Lampung bersama BMKG tengah meracik formula dalam memberikan informasi tersebut. “Maka kami sedang diskusikan bagaimana format yang bisa digunakan untuk menyampaikan hal tersebut langsung dapat diakses ke masyarakat. Apalagi informasi BMKG banyak dinantikan oleh petani, nelayan,” lanjutnya.

Apalagi, lanjut Rudy, saat ini kondisi Lampung masuk kedalam fenomena peningkatan La Nina, akibatnya curah hujan kita cukup tinggi. “Untuk itu kami Koordinasi terus untuk SDM dan peralatan untuk terutama daeeah dengan tingkat curah hujan tinggi,” tambahnya.

Sejumlah daerah di Lampung masuk daerah yang indeks Resiko bencana (IRB) tinggi. Untuk itu masyarakat bersama aparat diminta untuk saling waspada dalam menghadapi musim pancaroba saat ini.

Seperti dalam data yang diterima Radar Lampung dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sejak Tahun 2016-2018, IRB daerah di Provinsi Lampung yang masuk kategori tinggi seperti di Lampung Barat, Pesisir Barat, Lampung Selatan, Lampung Timur, Pesawaran, Bandarlampung, dan Tulangbawang.

Sementara lainnya, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Utara, Waykanan, Mesuji,Tulangbawang Barat, Metro dan Pringsewu berstatus sedang.

Mulai tanah longsor, daerah yang rawan seperti di Lampung Barat, Tanggamus, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Tengah, Lampung Utara, Waykanan, Pesawaran, Pringsewu, Pesisir Barat dan Bandarlampung.

Kemudian daerah yang rawan banjir bandang seperti di Lampung Barat, Lampung Tengah, Lampung Timur, Tulangbawang, Tanggamus, Mesuji, Pesisir Barat dan Bandarlampung.

Sedangkan daerah yang rawan puting beliung, daerah yang harus waspada ialah Lampung Tengah, Waykanan, Pringsewu, dan Pesawaran. (rma/wdi)






  • Bagikan