Gubernur Arinal Resmikan 31 SMK Pusat Keunggulan Se-Provinsi Lampung


//Budiutomo Siap Dorong Kemajuan Pendidikan Lampura//

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi meresmikan 31 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pusat Keunggulan se-Provinsi Lampung, saat melakukan Kunjungan Kerja di SMKN 3 Kota Bumi, Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Kamis (20/1).





Pembangunan SMK Pusat Keunggulan ini telah dilakukan sejak 1 Maret 2021 melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, dan ditindaklanjuti dengan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Dirjen Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tentang penyelenggaraan Program SMK Pusat Keunggulan.

Arinal menjelaskan, pertimbangan didirikannya SMK Pusat Keunggulan, karena kemajuan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Dalam 1 dekade terakhir, khususnya perkembangan teknologi digital telah berimplikasi pada perubahan dratis pada gaya hidup dan cara kerja, ini merupakan Revolusi Industri 4.0.

Begitu hebatnya Revolusi Industri 4.0 mendisrupsi dunia. Berbagai disrupsi ini menciptakan budaya, kebiasaan dan bahasa baru serta cara kerja dan gaya hidup yang lebih efisien.

“Hal tersebut merupakan gambaran tentang tantangan kita ke depan dalam menyongsong era smart society 5.0, bagaimana menciptakan SDM Indonesia yang Technology Minded, SDM Indonesia yang mampu mentranslate dan menjawab tantangan dengan teknologi yang memudahkan,” Ungkap Arinal.

Menurutnya, Pemerintah juga memberi bantuan fasilitasi kepada SMK-PK tersebut, 29 SMK Negeri dan Swasta, dan 2 SMK Industri. SMK-PK di Kabupaten Lampura yang mendapatkan bantuan adalah SMKN 3 Kotabumi dan SMKN 1 Abung Selatan.

Baca Juga:   Perkara Jengkol, Warga Padang Masuk Sel Polres Lampura

Gubernur berharap lulusan SMK dapat mendukung pengembangan hilirisasi pengolahan hasil pertanian, pengembangan pariwisata, pengembangan UMKM, pengembangan kegiatan jasa dan perdagangan.

Arinal juga menyampaikan berbagai program unggulan untuk meningkatkan sektor Pendidikan di Provinsi Lampung, antara lain diluncurkannya Program Smart School pada tanggal 16 Desember 2019, yang bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang berbasis teknologi.

Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Utara, Gubernur Arinal turut menyerahkan berbagai bantuan berupa Cultivator 1 unit, Handtraktor 2 unit, Pompa Air 1 unit, Asuransi Petani Lansia 80 orang, Tanaman Obat Jahe dan kencur 35 ha, Bibit dan Saprodi P2L KWT, Corn Sheller 1 unit, Benih Jagung Hibrida 150 ha, Benih padi inbrida 1.874 ha, Bibit buah 6000 batang, berasal dari Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura.

Kemudian, Bantuan Ternak Sapi sebanyak 10 ekor untuk 1 kelompok (penerima Kelompok Sidodadi), Bantuan ternak itik sebanyak 100 ekor (penerima Kelompok Sumber Mulya), Bantuan Operasional dan Sarana Pendukung Kegiatan SikomandanI senilai Rp683.473.000,- , dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Selanjutnya, Dinas Kelautan dan Perikanan memberikan bantuan berupa Restoking Perairan Darat kepada Pokmaswas Cahaya Makmur Desa Bumi Agung Kecamatan Abung Timur. Dengan rincian: Benih ikan jelabat 20.000 ekor, Benih ikan patin 17.500 ekor, Benih ikan nila 25.000 ekor, Benih ikan baung 20.000 ekor, Berasal dari Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah diberikan Bantuan benang emas 20 pack untuk 10 pengrajin tapis.

Baca Juga:   Pengukuhan Ketua TP-PKK Desa Se-Kecamatan Blambangan Pagar

Dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung, bantuan berupa Gerobak Souvenir 2 unit, Rombong motor 2 unit, Alat roasting kopi 1 unit Dinas Kesehatan memberikan Program Perbaikan Gizi Masyarakat (PMT Balita, PMT Bumil KEK, ruang laktasi, Anthapometry tahun 2021 dan 2022.

Pengadaan Obat dan Perbekalan Kesehatan tahun 2021 dan 2022, Pengelolaan KIA tahun 2021 dan 2022, Pengendalian Penyakit Menular tahun 2021, Survaiance dan Pencegahan Penyakit Menular tahun 2021.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memberikan bantuan betupa Buku 184 exp dan 32 CD untuk Perpustakaan Desa Sumber Arum Kecamatan Kotabumi.

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berupa Pembangunan Shelter Way Tebabeng 1 unit. Biro Kesejahteraan Rakyat menyalurkan Bantuan Sosial 3 paket, Bantuan Hibah beras untuk 1 Pondok Pesantren Bantuan hibah Rumah Ibadah 1 masjid.

“Saya mengucapkan selamat kepada 31 SMK Pusat Keunggulan yang telah diresmikan, dan mendapatkan bantuan, semoga dengan ditetapkannya sebagai sekolah Pusat Keunggulan, dapat menambah produktivitas dalam hal orestasi, dan dapat mencetak siswa/i yang memiliki kemampuan, SMK BISA,” ujar Arinal.

Baca Juga:   Pengukuhan Ketua TP-PKK Desa Se-Kecamatan Blambangan Pagar

Kunjungan kerja Gubernur, dilanjutkan dengan penandatanganan dan pengguntingan pita peresmian Gedung Pusat Keunggulan Teknik Pemesinan SMK N 3 Kotabumi.

Lalu, Gubernur Arinal beserta rombongan meninjau bengkel Teknik Pemesinan SMK N 3 Kota Bumi dan peninjauaan Stand Pameran dari 26 SMK Negeri dan Swasta Se-Provinsi Lampung.

Sementara, Bupati Lampura, Budi Utomo menegaskan bahwasanya pemerintah daerah siap mendorong pembangunan daerah demi mewujudkan kemajuan bersama. Khususnya di bidang pendidikan, sebab merupakan sektor penting dalam upaya mendukung terciptanya sumber daya manusia yang unggul.

“Sebagaimana diketahui bersama usia produktif itu cukup tinggi, dan penyumbang terbesarnya berasal dari pelajar. Oleh karenanya kita konsen di bidang pembangunan manusia ini, khususnya pendidikan,” ujar Bupati.

Namun fakta di lapangan berkata lain atau terbalik 180 derajat. Khususnya di jenjang pendidikan tingkat sekolah dasar (SD), akibat minimnya sumber daya manusia yang bertindak sebagai pegang kebijakan di sana.

Seperti yang ada di dinas pendidikan dan kebudayaan, hingga terjadi tumpang tindih peningkatan sarana- prasarananya.

“Jangan kan pendukung macam tekhnologi dan lainnya, ini bangunannya saja sudah tidak layak. Apalagi bicara soal pembangunan lainnya, seperti kita lihat di SDN1 Gedung Makrifat keadaan rusak berat hingga ditinggalkan siswa-siswinya,” ujar Arif salah seorang warga Kotabumi. (ozy/yud)