Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Bakal Dapat Gelar Kehormatan Warga Adat Mego Pak Tubaba


Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Bakal Dapat Gelar Kehormatan Warga Adat Mego Pak Tubaba
Bupati Tubaba (kiri) saat mengunjungi Balai Kota DKI Jakarta dan disambut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan). Sumber foto ist

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) berencana memberikan gelar kehormatan kepada Gubernur DKI Jakarta Prof. Dr. Anies Baswedan. Dengan demikian Anies akan masuk menjadi warga adat Mego Pak (empat marga) Tubaba. Pemberian gelar adat kepada Anies di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai ini sebagai bentuk apresiasi Tubaba terhadapnya yang sangat peduli dengan dunia pendidikan.

Meskipun sampai saat ini belum diketahui kapan kepastian tanggal mantan Menteri Pendidikan tersebut datang ke Tubaba, namun pemkab dan tokoh-tokoh adat telah mempersiapkan diri. Kepastian ini diungkapkan Bupati Tubaba Umar Ahmad kepada wartawan di Rumah Baduy, Kamis (27/1).





Umar mengatakan pemberian gelar kehormatan bagi Anies Baswedan tersebut bukan tanpa alasan. Sebab beberapa tahun sebelumnya Anies Baswedan telah berjasa terhadap Tubaba dengan menempatkan putra-putra terbaik bangsa sebagai guru di bawah naungan Yayasan Indonesia Mengajar. Hasilnya, saat ini Tubaba telah mempunyai program Tubaba Cerdas dan Guru Penggerak yang tersebar di sekolah-sekolah.

Lebih lanjut Umar mengatakan rencana kunjungan Anies ke Tubaba tersebut setelah pihaknya berkunjung ke Balai Kota Jakarta beberapa waktu lalu. “Kita beberapa waktu yang lalu bertemu dengan Pak Anies di Balaikota Jakarta. Saya memaparkan tentang kemajuan pembangunan di Tubaba termasuk dengan dunia pendidikannya. Mendengar paparan kami, Pak Anies sangat bersemangat untuk datang ke Tubaba guna melihat secara langsung perkembangan pendidikan di daerah kita ini. Karena itu momen tersebut akan kami manfaatkan untuk meminta saran dan pendapat sebagai tindak lanjut kedepannya. Selain itu kita juga rencananya bersama dengan tokoh-tokoh adat akan memberi gelar kehormatan kepada beliau,” katanya. (fei/wdi)