Tuba  

Gubernur Lampung Restoking 100 Ribu Ikan di Way Tuba


Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Tulangbawang Winarti melakukan restoking ikan jelabat di Way Tuba. FOTO M. ZAINAL ARIFIN/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kegiatan restoking 100 ribu ikan di Way Tulangbawang (Tuba), Menggala, Rabu (25/11).

100 ribu ekor bibit ikan antara lain 30 ribu ekor lele, 30 ribu nila, 20 ribu patin,10 ribu baweng, dan 10 ribu jelabat.





Selain restoking, juga dilaksanakan syukuran dimulainya normalisasi Way Tuba. Kegiatan restoking sendiri bekerjasama dengan Persaudaraan Orang Tulangbawang di Jakarta. Sementara normalisasi akan dilakukan oleh pihak ketiga yakni PT Sinar Tri Tunggal Perkasa.

Dalam kesempatan itu, Arinal Djunaidi berharap restoking dapat dilakukan satu tahun sekali. Mengingat ikan jelabat merupakan salah satu ikan khas yang ada di Way Tuba.

Gubernur juga berharap kepada PT Sinar Tri Tunggal Perkasa dapat memperhatikan lingkungan saat melakukan normalisasi.

Menurutnya, salah salah satu fungsi sungai adalah untuk transportasi masyarakat. Pendalaman dianggap penting agar masyarakat yang tinggal di bantaran Way Tuba tidak mudah terkena banjir. Selain itu, normalisasi juga bagus untuk perkembangan ikan.

“Saya ingin upaya pendalaman ini berjalan lancar, sehingga alur transportasi untuk mengangkut barang ke Kualateladas dapat lancar juga. Pastinya selain melalui jalur darat,” katanya memberikan sambutan.

Arinal juga berharap normalisasi ini mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat, karena ini merupakan salah satu upaya untuk membangun kembali perekonomian masyarakat.

“Saya juga menitipkan pesan kepada masyarakat untuk sama sama menjaga agar para investor semakin banyak yang datang,” pesannya.

Sementara itu, Komisaris Utama PT Sinar Tri Tunggal Perkasa Steven Eko Purwanto mengatakan, pihaknya ingin berbaur dan membangun daerah bersama masyarakat setempat. “Kami mohon dukungannya dan bimbingan agar normalisasi pengerukan dapat berjalan lancar. Mudah mudahan kedepannya nanti dapat kembali berjaya,” ungkapnya.

Masih di tempat yang sama, Ketua Persaudaraan Orang Tulangbawang Syah Amandaris mengatakan, restoking ikan jelabat tersebut merupakan salah satu pengabdian turut serta membangun Tulangbawang.

“Semoga benih ikan yang kami tabur dapat besar dan beranak pinak. Kami juga ingin melakukan normalisasi sungai, sehingga selain ada transportasi darat kita miliki juga tranportasi laut yang dapat menunjang ekonomi daerah,” jelasnya.

Sementara, Bupati Tulangbawang Winarti mengucapkan terimakasih sekaligus selamat datang.

Menurutnya, Tulangbawang akan sangat terbuka untuk mereka yang bersedia turut membangun daerah. Dia berpesan kepada PT Sinar Tri Tunggal Perkasa agar sebaik mungkin melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan pihak terkait dan tetap mengikuti regulasi dalam normalisasi Way Tuba.

Turut hadir dalam kegiatan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Anggota DPR RI Hanan A Rozak, Bupati Tulangbawang Winarti, Wakil Bupati Tulangbawang Hendriwansyah, Ketua KPPU Kurnia Toha, Ketua persaudaraan orang Tulangbawang Syah Amandaris beserta pengurus, penjabat Bupati Lampung Timur Fredy, Ketua DPRD Tulangbawang Sopi’i beserta anggota DPRD, Ketua Umum Lembaga Adat Megou Pak Abdurachman Sarbini beserta pengurus, tokoh agama, serta tokoh masyarakat.
(nal/sur)