Gubernur: Meski Rumah Sakit Darurat Disiapkan, Kasus Covid-19 di Lampung Harus Segera Turun

  • Bagikan
Petugas medis mengecek ulang fasilitas yang berada di Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Gedung Multazam, Asrama Haji, Rajabasa, Bandarlampung, Minggu (8/8). Foto M. Tegar Mujahid/Radarlampung.co.id

RADARLAMPUNG.CO.ID – Usai tersiar kabar rumah sakit darurat Covid-19 di Lampung dapat digunakan Selasa (10/8) mendatang, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap kasus Covid-19 di Lampung segera turun.

“Alhamdulillah ini upaya kita antisipasi penanganan Covid-19. Kita lihat saja desakan bisa ditingkatkan maka akan ditingkatkan. Kita semua harus berdoa, saya kira ini cukup yang ada sehingga bisa terpenuhi,” ungkap Arinal usai melihat ruangan di Rumah Sakit darurat Covid-19 di Lampung.


Ditambahkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Reihana, saat ini sudah ada 130 tempat tidur yang siap digunakan, dari total kapasitas 200 tempat tidur. Nantinya rumah sakit ini akan bekerjasama dengan Rumah Sakit Bintang Amin, Bandarlampung.

Baca Juga:   Presiden Jokowi Beri Perhatian Lebih Vaksinasi Lampung dan Sumbar

“Jadi kan rencana awal akan dibangun untuk gejala ringan saja, tetapi ternyata dari PT Pertamina membangun sampai dengan ICU. Jadi alhamdulillah tidak hanya penuh di (RSUD) Abdul Moeloek saja ya sekarang, tapi bisa di sini. Rumah sakit ini merupakan perpanjangan dari rumah sakit Pertamina Bintang Amin karena yang membangun BUMN ada kerjasama dengan Pertamedika,” lanjutnya.

Sehingga nantinya akan digunakan untuk pasien yang dirujuk dari RS Bintang Amin bisa langsung ke rumah sakit darurat ini, tidak perlu seluruhnya diarahkan ke RSUDAM.

“Dari total yang bisa digunakan ada 200 tempat tidur, tapi ada 130 rencananya tahap satu ini sudah siap. Untuk tempat tidur terbagi atas 123 tempat tidur level ICU, dengan HCU 24, dan ruang isolasi 99. Ada pula ventilator mengikuti dengan ICU dan ada instansi oksigen juga sudah tersedia. Hanya kami sedang menunggu isotank untuk liquid kita akan berbagi dari CSR sebelumnya,” tambahnya. (rma/rls/sur)




  • Bagikan