Gulirkan Program untuk Turunkan Angka Stunting

  • Bagikan
Bupati Tanggamus Dewi Handajani menyampaikan sambutan dalam sosialisasi BKKBN dengan anggota DPR RI yang berlangsung di Bukit Idaman, Pekon Gisting Atas, Kecamatan Gisting. FOTO DISKOMINFO TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bupati Dewi Handajani menyatakan bahwa Pemkab Tanggamus melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPPA Dalduk dan KB) tahun ini menggulirkan sejumlah program untuk penurunan angka stunting.

Hal itu disampaikan saat menghadiri sosialisasi pencegahan stunting yang dilaksanakan BKKBN bersama anggota Komisi II dan IX DPR, di Bukit Idaman, Gisting, Rabu (10/11).


“Upaya-upaya yang kami lakukan selama ini, syukur Alhamdulillah menunjukkan hasil yang baik. Beberapa di antaranya meraih prestasi yang membanggakan,” kata Dewi Handajani.

Dewi mengungkapkan, penanganan stunting merupakan kerja tim dari seluruh perangkat daerah terkait. Kemudian berbagai stakeholder di luar pemerintah, seperti organisasi masyarakat, organisasi keagamaan, akademisi, dan para tenaga ahli.

Baca Juga:   Peringatan! Waspada Serangan Buaya di Way Semaka

Langkah yang telah dilakukan pemkab antara lain melakukan rembuk stunting secara kontinu, menerbitkan perda dan perbup terkait stunting dan percepatan ODF serta peningkatan sanitasi layak melalui penguatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat).

Kemudian peningkatan jumlah pekon ODF guna mewujudkan Kabupaten Tanggamus zero (bebas) dari perilaku buang air besar sembarangan (BABS) dan pemenuhan gizi yang berkualitas pada anak, dengan melibatkan TP PKK serta seluruh lembaga PAUD, TK, kelompok bermain dan lainnya.

“Untuk lokus stunting di Kabupaten Tanggamus berada di 25 pekon yang tersebar pada sembilan kecamatan,” ucap Bunda Dewi–sapaan akrab Dewi Handajani





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan