Guru dan Siswa di Tanggamus Ikut ANBK

  • Bagikan
Pelaksanaan assesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tahun 2021 yang berlangsung di SDN 1 Sukabanjar, Kecamatan Kotaagung Timur. FOTO DOKUMEN DISDIK TANGGAMUS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Siswa tingkat SD dan guru di Tanggamus mengikuti assesmen nasional berbasis komputer (ANBK) tahun 2021. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, sejak Senin (15/11).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Tanggamus Agoeng Basori mengatakan, ANBK diikuti siswa kelas V. Maksimal 30 orang dalam satu SD dan ditentukan oleh Kemendikbud.


“Ini baru gelombang pertama dari empat gelombang. Pelaksanaannya online dan semi online. Bagi sekolah yang belum siap sarana prasarananya, maka bisa menumpang pada sekolah yang sudah ada sarpras pendukungnya,” kata Agoeng mewakili Kepala Disdik Tanggamus Yadi Mulyadi, Selasa (16/11).

Agoeng mengungkapkan, sekolah yang melaksanakan ANBK dibagi dalam dua kelompok. Yaitu mandiri dan menumpang. Terbagi dalam sistem online dan semi online.

Baca Juga:   Lapor! Sungai Way Ngarip Kian Dangkal dan Tanggul Terkikis

“Untuk mandiri online ada 46 sekolah dan mandiri semi online 12 sekolah. Arti mandiri, sekolah tersebut sudah bisa melaksanakan sendiri karena didukung sarpras seperti laptop dan jaringan internet. Kalau menumpang online ada 141 sekolah dan menumpang semi online 181 sekolah,” papar Agoeng.

Dilanjutkan, ANBK merupakan survei. Untuk siswa, survei literasi dan numerasi. Sedangkan guru dan kepala sekolah, survei lingkungan.

“Tujuan ANBK untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa. Ini nantinya menjadi bahan pemerintah dalam membuat kebijakan tahun berikutnya,” tandasnya. (ehl/ral/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan