Guru SMP 32 Bandarlampung raih Penghargaan PMCA Tahun 2021 dari Kerajaan Thailand

  • Bagikan
Guru Berprestasi SMPN 32 Bandarlampung,Khoiriah,M.Pd saat menunjukkan Sertifikat PMCA 2021 dari Kerajaan Thailand kepada Kepala SMPN 32 Bandarlampung,Dr.Wahono,M.Pd
Guru Berprestasi SMPN 32 Bandarlampung, Khoiriah,M.Pd saat menunjukkan Sertifikat PMCA 2021 dari Kerajaan Thailand kepada Kepala SMPN 32 Bandarlampung, Dr.Wahono,M.Pd

//Dapat Reward 10.000 US Dollar (Senilai Rp.141 juta) dari Kerajaan Thailand//

RADARLAMPUNG.CO.ID – Guru SMP Negeri 32 Bandarlampung, Khoiriah,M.Pd meraih Penghargaan “The Princess Maha Chakri Award Recipient of the Years 2021” (PMCA Tahun 2021) dari Kerajaan Thailand.


Atas raihan tersebut, perempuan yang akrab disapa Ibu Khoir mendapat reward 10.000 USD (Senilai Rp.141 juta) dari PMCA foundation.

Saat ditemui Jurnalis RADARLAMPUNG.CO.ID Pada hari Senin (22/11/2021) di SMPN 32 Bandarlampung, Khoir bersyukur kepada Allah SWT atas raihan prestasi ini.

“Prestasi yang diraih ini berkat dukungan pihak sekolah yang memberikan kesempatan kepada guru untuk kreatif berinovasi dan aktif dalam pengembangan diri,”jelasnya.

Terkait Penghargaan PMCA Tahun 2021, Khoiriah menceritakan bahwa diawali dengan dirinya pada tahun 2019 berhasil meraih Juara I Guru SMP Berprestasi Tingkat Nasional.

Kemudian, pada 7 Oktober 2020, Ia mendapatkan amanah dari Perwakilan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengikuti seleksi PMCA.

“Ada 11 negara Asia Tenggara dan 1 Negara Timor Leste yang ikut dalam PMCA ini,” Ucap Khoir

Kemudian, pada 29 Oktober 2021, Khoir menyampaikan bahwa ia mengikuti acara ceremony “The Princess Maha Chakri Award Recipient of the Years 2021 (PMCA Tahun 2021) secara daring sebagai perwakilan Indonesia.

Baca Juga:   Tim Pencak Silat Universitas Teknokrat Indonesia Borong Medali di Kejuaraan Lampung Berjaya Virtual Cup

Saat pengajuan PMCA, Khoir menyampaikan ada portofolio yang ia lampirkan dengan menggunakan bahasa inggris. Diantaranya memuat kualifikasi akademik, pendidikan dan pelatihan berskala nasional, melampirkan data diri sebagai narasumber peningkatan kompetensi guru, pembina olimpiade, gerakan literasi dan karya ilmiah siswa. Karya pengembangan profesi juga dilampirkan yakni berupa karya tulis.

“Karya tulis ini berupa publikasi Jurnal Internasional terindeks Scopus dan DOAJ, jurnal nasional bereputasi sinta 2 dan sinta 4 serta karya tulis berupa buku ber-ISBN,” Katanya.

Foto- Foto Sumber SMPN 32 Bandarlampung : Foto 1 : 1) Guru Berprestasi SMPN 32 Bandarlampung,Khoiriah,M.Pd saat menunjukkan Sertifikat PMCA 2021 dari Kerajaan Thailand kepada Kepala SMPN 32 Bandarlampung,Dr.Wahono,M.Pd. Foto 2 2) Sertifikat PMCA 2021 dari Kerajaan Thailand
Sertifikat PMCA 2021 dari Kerajaan Thailand

Khoir menambahkan, dalam portofolio tersebut, juga melampirkan sebagai reviewer buku, media dan alat pembelajaran, pernah mengikuti 30 kali forum ilmiah baik sebagai pemakalah ataupun peserta, pengalaman organisasi PGRI dan lainnya.

“Dan yang paling penting saya juga melampirkan apa saja kegiatan yang telah saya lakukan di masa Pandemi Covid-19 sebagai guru untuk Dunia Pendidikan Indonesia,” tambah Guru IPA SMPN 32 Bandarlampung.

Dengan prestasi ini, Khoir berharap dapat memotivasi guru lainnya untuk aktif menulis dan berkarya.

“Mengajar merupakan panggilan hati, jika hati sebagai pondasinya maka pengabdianlah sebagai wujud implementasinya. Melalui pengabdian tersebut akan berupaya memberikan yang terbaik untuk siswa. “Kepada siswanya juga berpesan untuk aktif berkarya. Semoga prestasi yang ia raih juga dapat menjadi inspirasi dan memotivasi siswa,” jelas Mahasiswa S3 Pascasarjana Prodi Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Baca Juga:   Tim Dosen ITERA luncurkan aplikasi pengajaran sains menggunakan Teknologi 'BeSmart'

Atas raihan tersebut, Kepala SMPN 32 Bandarlampung, Dr. Wahono. M,Pd bersyukur atas prestasi salah satu guru SMPN 32 Bandarlampung yang berhasil ke tingkat internasional.

“Semoga melalui penghargaan ini lebih memacu diri dan meningkatkan kompetensi untuk lebih baik dalam mengimplementasikan ilmu yang didapat di sekolah. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bandarlampung yang telah mensupport dan memotivasi guru-guru serta mengapresiasi atas diraihnya penghargaan tersebut,” ucapnya.

Wahono melanjutkan, tidak hanya prestasi guru, Beberapa keunggulan SMPN 32 Bandarlampung, salah satunya bidang Ekstrakurikuler. Khususnya, Marching Band juara umum Kejuaraan Provinsi 3 tahun berturut-turut dan juara Open Marching band se-Sumbagsel.

“Semoga dimasa Kepemimpinan beliau mencetak guru dan siswa berprestasi lebih banyak lagi dari sebelumnya,”harap pria yang juga pernah meraih Juara 1 Guru SMP Berprestasi Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2013 yang lalu. (gie/yud)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan