H-7 Tol Fungsional 30,5 KM Tembus Sidomulyo Siap Dibuka

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Jelang arus mudik lebaran 2018, masyarakat bisa menggunakan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Adapun ruas JTTS yang akan digunakan pemudik terdiri dari dua yakni tol operasional dan fungsional. Terdiri dari 13,9 KM tol operasional dan sisanya 112,88 KM adalah tol fungsional.

Pimpinan Proyek Hutama Karya Slamet Rahardjo kepada radarlampung.co.id mengatakan, untuk tol operasional saat ini sudah siap dilalui. Ruas JTTS yang bisa dilalui pemudik secara gratis yang operasional terdiri dari Seksi Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,90 kilometer. Lalu, seksi Lematang-Kota Baru sepanjang 5,64 kilometer. Sedangkan untuk tol fungsional bisa mulai digunakan pada H-7 lebaran atau 8 Juni mendatang.

“Untuk yang tol operasi sudah siap dilalui. Semuanya sudah lengkap ada petugas PJR, Ambulans, patroli, rescue dan ketersediaan BBM melalui mobil tangki Pertamina. Itu di sepanjang Seksi Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,90 kilometer. Lalu, seksi Lematang-Kota Baru sepanjang 5,64 kilometer,” ujarnya, Selasa (5/6).

Baca Juga:   Langgar Prokes, Polisi Bubarkan Pesta Pernikahan

Menurut Slamet, untuk tol fungsional, diantaranya sepanjang 30,5 KM juga sudah selesai dikerjakan rigid beton dan siap dibuka pada H-7 lebaran. Tol fungsional ini bisa tembus hingga Sidomulyo Lamsel. “Pada H-7 nanti tol fungsional sudah siap dibuka oleh pihak kepolisian. Tinggal membuka barrier saja dan bisa dilintasi. Seperti tol fungsional sepanjang 30,5 KM yang bisa tembus Sidomulyo juga sudah bisa digunakan H-7 lebaran,” ucapnya.

Terkait kelengkapan tol fungsional, sambung Slamet, juga sebagian dilengkapi dengan guard drill atau pembatas jalan serta rambu-rambu lalu lintas. “Untuk tol fungsional juga akan dilengkapi rambu-rambu lalu lintasnya,” ungkapnya.

Diketahui, JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar total panjangnya 140,94 kilometer. Total tol operasional Seksi Pelabuhan Bakauheni-Simpang Susun Bakauheni sepanjang 8,90 kilometer. Lalu, seksi Lematang-Kota Baru sepanjang 5,64 kilometer. Lalu tol fungsional ruas Bakauheni Sidomulyo 21,6 KM, Paket 2 Lematang-Kotabaru 30,48 KM, Paket 3 Kotabaru-Metro 29 KM, dan Paket 4 Metro-Terbanggibesar 31,8 KM. (rlo/gus)




  • Bagikan