Hadapi Arus Balik, Kapolda Lampung Siapkan Beberapa Strategi


RAPAT HADAPI ARUS BALIK: Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melaksanakan rapat bersama dengan ASDP Pelabuhan Bakauheni untuk hadapi arus balik, Selasa (3/5). FOTO ISTIMEWA

RADARLAMPUNG.CO.ID – Antisipasi lonjakan arus balik Idul Fitri tahun 2022, Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno melakukan rapat dan penyusunan strategi kepada ASDP Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Selasa (3/5).

Menurut jenderal bintang dua ini, rapat kali ini membahas terkait masalah teknis mematangkan dan menyepakati strategi dalam menghadapi arus balik.





“Karena di kita ada dua jalur yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni. Yakni melalui jalan tol dan arteri. Apabila mudik itu padat akan ada buka tutup jalan tol. Atau bila melebihi 1 km atau 2 km akan kita masukan ke rest area 20, 33, 49, 47.  Karena disitu ada fasilitas digunakan untuk pemudik,” katanya.

Hendro -sapaan akrabnya- menambahkan, sedangkan untuk jalur arteri yang dilalui oleh para pengendara motor ketika masuk ke Pelabuhan Bakauheni akan ada jalur tersendiri.

“Setelah jalan tol ada pos masuk ke dalam ada tiket tol gate untuk sepeda motor disiapkan tenda. Apabila sepeda motor cukup banyak akan diangkut kapal tersendiri di dermaga lima.

Dan untuk kendaraan roda empat atau lain kita pakai pintu biasa. Kita akan menyebarkan di semua dermaga ada 7 dan 6 reguler dan satu eksekutif,” kata dia.

“Apabila banyak eksekutif itu antrian nya panjang dan reguler itu tidak. Maka akan kita arahkan untuk ke reguler. Tiketnya eksekutifnya akan di refund oleh ASDP. Dan pada dasarnya semua kapal itu sama untuk mencapai ke Pelabuhan Merak,” tambahnya.

Sedangkan apabila kepadatan di Pelabuhan Bakauheni tak terurai maka pihaknya akan menyediakan dan mesiagakan Pelabuhan Panjang agar bisa mengangkut para pemudik.

“Nanti di Rest Area 87 kita kumpulkan disitu akan dikawal ke tol Lematang sampai pelabuhan panjang, nanti disiapkan kapal yang akan membawa ke Merak,” kata dia.

Untuk itu dirinya pun meminta agar maayarakat mengikuti aturan petugas. Karena di Pelabuhan Bakauheni ini bisa menampung 3000an kendaraan. Yang lebih penting setiap pelaku perjalanan wajib memiliki tiket sebelum masuk ke pelabuhan. Apabila tidak ada tiket akan diputar balik.

“Petugas kami menyiapkan beberapa tempat penjualan tiket di pelabuhan apabila di jalan tol rest area 49, 87 dan 20 akan disiapkan penjualan tiket. Kalau di jalan arteri untuk lintas sumatera itu terus di Kalianda ada di rumah makan alam mutiara di Kalianda. Dan dijalur lintas timur itu di tiga saudara dan di rumah makan siang malam. Mulai besok tanggal 4 itu bisa kembali dan jangan fokus di akhir libur pasti macet sampai hari H ada 207000 kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Bakauheni,” pungkasnya. (ang)