Hadapi Pilkakam, Bhabinkamtibmas Diminta Jaga Kondusivitas

  • Bagikan
FOTO SYAIFUL MAHRUM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebanyak 182 Bhabinkamtibmas Polres Lampung Tengah (Lamteng) diminta mengamankan pemilihan 168 kepala kampung (Pilkakam). Hal ini dalam rangka menjaga situasi kamtibmas dan kondusivitas.

Kasatbinmas Polres Lamteng AKP Sumarno mewakili Kapolres AKBP I Made Rasma Jemy menyatakan, Bhabinkamtimas dikumpulkan dalam rangka menghadapi 168 Pilkakam. “Bhabinkamtibmas diminta mengamankan wilayahnya masing-masing. Jaga kamtibmas dan kondusivitas,” katanya.

Segala persoalan yang terjadi di kampung, kata Sumarno, upayakan rembuk pekon. “Kalau ada persoalan di kampung, usahakan rembuk pekon. Misalnya masalah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang sering dihadapi, lakukan penyelesaian secara musyawarah. Jangan malah disuruh berpisah,” ujarnya.

Selain itu, kata Sumarno, pererat tali silaturahmi dengan semua tokoh masyarakat, adat, pemuda, dan agama. “Laksanakan anjau silau kepada tokoh masyarakat, adat, pemuda, dan agama. Jaga tali silaturahmi di tengah masyarakat,” ungkapnya.

Menjadi Bhabinkamtibmas, kata Sumarno, harus senang. “Banyak kenal dengan masyarakat. Kalau nggak mau jadi Bhabinkamtibmas, ngomong. Nanti diusulkan diganti,” katanya kepada anggota.

Ditanya terkait jumlah Bhabinkamtibas, kata Sumarno, memang belum maksimal. “Satu Bhabinkamtibas ada yang megang 2-3 kampung. Sedangakan di Lamteng ada 301 kampung dan 10 kelurahan Tapi, ya mau bagaimana lagi? Personelnya masih kurang. Tidak semua Bhabinkamtimas juga pakai randis. Randis Bhabinkamtibmas hanya 141 unit,” ungkapnya. (sya/sur)




  • Bagikan