Halal Bihalal Pemkab Lambar Tampilkan Orkes Gambus


Penampilan Orkes Gambus Lampung Himpunan Remaja Karya (HRK) Pekon Canggu, Kecamatan Batubrak dalam Halal Bihalal Pemkab Lampung Barat, Senin (10/6). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID
Penampilan Orkes Gambus Lampung Himpunan Remaja Karya (HRK) Pekon Canggu, Kecamatan Batubrak dalam Halal Bihalal Pemkab Lampung Barat, Senin (10/6). FOTO NOPRIADI/RADARLAMPUNG.CO.ID

radarlampung.co.id – Orkes gambus Lampung Himpunan Remaja Karya (HRK) Pekon Canggu Kecamatan Batubrak, Lampung Barat, tampil bersama dua sanggar seni musik dan tari lainnya pada Halal Bihalal Pemkab Lambar, di lobi kantor bupati, Senin (10/6).

Petikan gambus, dipadu alunan lagu-lagu tradisional Lampung mampu menghibur Bupati Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin dan para aparatur sipil negara (ASN).





Kabid Kebudayaan Riyadi Andriyanto mewakili Kepala Disdikbud Lambar Bulki Basri mengatakan, pihaknya sengaja mengundang sanggar seni orkes Lampung untuk tampil pada Halal Bihalal tersebut. Ini menjadi salah satu upaya pelestarian budaya.

“Orkes Lampung merupakan seni musik khas daerah yang harus dilestarikan. Karena itu pemkab mengundang mereka untuk datang dan tampil,” kata Riyadi.

Sementara Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar Akmal Abdul Nasir mengatakan, musik orkes gambus merupakan kesenian khas daerah yang telah turun temurun. Menjadi tanggung jawab semua pihak untuk melestarikannya.

“Karena itu, pada saat ada kegiatan-kegiatan seremonial seperti ini, pemerintah daerah akan menampilkan orkes Lampung. Termasuk tari-tarian, dan juga kesenian lainnya seperti gamelan,” ujarnya.

Pelestarian kesenian daerah, terus Akmal, penting dalam rangka meredam kenakalan remaja di tengah modernisasi. Sehingga para remaja bisa melakukan hal-hal yang positif dan tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

“Orkes Lampung itu merupakan budaya yang tetap dilestarikan di seluruh kecamatan. Tentunya diharapkan bisa diikuti oleh para remaja, sehingga terhindar dari hal-hal yang bisa menjerumuskan ke arah negatif,” tegasnya. (nop/ais)