Hamdalah, Dana Rutin Kecamatan Lamtim Bakal Meningkat

  • Bagikan
Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari saat diwawancara wartawan di depan ruang Abung, Balai Keratun Setprov Lampung, Kamis (18/7). Foto Agung Budiarto/radarlampung.co.id

radarlampung.co.id-Para camat di Kabupaten Lampung Timur boleh bernafas lega. Sebab, mulai tahun depan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur akan meningkatkan dana rutin kecamatan dari Rp260 juta menjadi Rp500 juta per tahun.

Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari menjelaskan, tugas camat sangat berat. Sebab, Camat merupakan ujung tombak pemerintah daerah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Karenanya, banyak program pemerintah yang harus disosialisasikan kepada masyarakat. Baik itu melalui kepala desa maupun langsung kepada masyarakat. Selain itu, camat juga harus mampu membina masyarakat di wilayahnya melalui berbagai kegiatan.

Tentunya, kegiatan tersebut membutuhkan anggaran. “Dengan anggaran ditingkatkan tidak ada lagi alasan para camat tidak dapat melaksanakan kegiatan kemasyarakatan karena anggarannya terbatas,”jelas Zaiful saat memberikan sambutan pada pelatihan musik qasidah di Gedung PKK Lamtim, Kamis (25/7).

Selain untuk kegiatan operasional camat. Mulai anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBDP), Pemkab Lamtim juga akan mengalokasijan anggaran untuk kegiatan PKK dan pembinaa  perempuan sebesar Rp75 juta per kecamatan. “Dengan adanya dana itu, diharapkan PKK di seluruh kecamatan ke depan lebih maju lagi,”papar Zaiful didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Lamtim Putri Ernawati.

Ditambahkan, pengalokasian anggaran itu merupakan salah satu upaya Pemkab Lamtim dalam meningkatkan pembangunan di kecamatan. “Bila kecamatan maju, maka kabupaten ikut maju,”imbuh Zaiful. (wid/wdi)




  • Bagikan