Harapkan Pekon Segera Laporkan Realisasi BLT-DD

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanggamus meminta pemerintah pekon untuk segera melaporkan realisasi bantuan langsung tunai dana desa (BLT-DD).

Kepala BPKD Tanggamus Suaidi melalui Kabid Perbendaharaan Septina mengatakan, BLT-DD merupakan salah satu prioritas yang harus diutamakan oleh pemerintah pekon.


Karena pemerintah pusat dan daerah telah mengatur peruntukan BLT-DD.  Sehingga pekon diharapkan sesegera mungkin menyampaikan laporan apabila BLT-DD telah direalisasikan.

“BLT-DD harus tetap diberikan kepada penerima, kendati ada persoalan di pekon tersebut. Tujuannya agar peruntukan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan tidak terganggu,” kata Septina.

Ia menerangkan, setiap tahapan pencairan DD 2021 telah ada pagu anggaran yang diperuntukkan BLT-DD. Itu sudah diatur oleh pemerintah, baik pusat hingga kabupaten.

Baca Juga:   Pesawaran Raih Penghargaan Penyaluran Dana Desa Terbaik

Untuk DD 2021 tahap pertama, BLT-DD sebesar 40 persen dari total anggaran yang terima oleh pekon. Demikian juga tahap kedua untuk periode bulan Juni hingga Oktober. “Sementara tahap ketiga, November dan Desember sebesar 20 persen,” terangnya.

Hal senada disampaikan Syafruddin, Kabid Kelembagaan dan Pembangunan Pekon Dinas PMD. Menurut dia, pekon sesegera mungkin menyampaikan laporan realisasi BLT-DD.

Sebab jika pekon terlambat menyampaikan, itu akan berpengaruh bagi realisasi tahap selanjutnya. (iqb/ehl/ais)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan