Harga Karet Terus Naik, Per Kilogram Capai Rp10 Ribu

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Harga getah karet ditingkat petani di Mesuji kembali naik. Jika sebelumnya pengepul menghargai getah karet ditingkat petani Rp7 ribu hingga Rp 8 ribu per kilogram, kini naik menjadi Rp 10 ribu per kilogramnya.

Meningkatnya harga karet, disambut gembira para petani dan pemilik kebun karet di Kabupaten berjuluk Bumi Ragab begawe caram itu.


Arif (29) salah satu petani di Kecamatan Simpang pematang Mesuji mengungkapkan, sudah tiga pekan ini, getah karetnya dihargai Rp10 ribu per kilogram oleh pengumpul.

“Harga Karet yang terus naik ini, tentu sangat membantu masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama pandemi Covid-19. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan kenaikan harga mencapai Rp10 ribu per kilo,” Jelasnya.

Baca Juga:   Tidak Terima Ditagih, Pemberi Utang Diusir Lalu Dipukul

Sementara, Joko salah satu petani lainya mengatakan, kenaikan harga getah karet yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir tersebut, membuat sejumlah petani di wilayah itu semakin semangat menyadap pohon karet untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Tentu senang mas, karena mayoritas masyarakat di sini merupakan petani karet,” ujarnya.

Walaupun saat ini curah hujan tinggi, petani tidak bisa menyadap secara optimal. “Tapi kami senang karena harga nya sudah mulai mengalami kenaikan,” ucapnya.

Salah seorang pengepul karet Yanto (51) menyampaikan, kenaikan harga karet hingga Rp10 ribu per Kg ini, cukup berarti baginya. Sebab kini para petani sudah mulai banyak yang menyadap karet. Ia berharap harganya karet makin naik lagi.

Baca Juga:   DPC PKB Lamtim Siap Beri Bantuan Hukum Kepada Wakil Ketua DPRD

“Kalau kita senang karena petani sudah banyak yang menjual hasil karet mereka semenjak harga naik ini. Harapan kita getah karet ini bisa naik lebih lagi agar petani bisa lebih semangat menyadap karetnya,” harapnya. (muk/yud)




  • Bagikan