Harga Pupuk di Waykanan Naik

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Harga pupuk urea di Kabupaten Waykanan mengalami kenaikan. Jika beberapa waktu lalu harganya berkisar Rp105.000/zak, saat ini naik menjadi Rp160.000 /zak.

“Jenis pupuk kita memang banyak, tapi sejak saya mulai menggunakan pupuk, saya hanya menggunakan Urea dan Ponska, karena kedua jenis ini menurut saya sudah cukup untuk meningkatkan produksi dan saya juga cuma mampu beli pupuk itu,” ungkap Anton, salah satu petani di Rebang tangkas Waykanan.

Namun, sambung Dia, sepekan terakhir ini, harga kedua pupuk tersebut mengalami kenaikan. Hal ini berbanding terbalik dengan harga produksi kopi maupun karet yang tidak mengalami kenaikan. “Kebijakan ini benar-benar menyengsarakan kami sebagai petani,” ujarnya.

Baca Juga:   WISUDA ANGKATAN PERTAMA

Terpisah, Sekretaris Dinas Pertanian dan Holtikultura dan Peternakan Way Kanan, Ropiki S.TP, MM mengaku sudah menegur distributor pupuk untuk tidak menaikkan tarif melebihi batas Harga Ecerean tertinggi (HET). Namun ternyata, hal itu masih berjalan, dan pihaknya akan segera menegur kembali sebelum memberikan sanksi.

“Setahu saya memang harga pupuk Urea mengalami kenaikam hingga mencapai Rp450/kg, sementara untuk Ponska tidak mengalami kenaikan tapi kadarnya saja yang dikurangi. Nah, kami belum tahu kalau akhirnya di eceran mencapai demikian, dan kami akan segera lakukan penertiban,” tegas Ropiki. (sah/yud)



  • Bagikan