Hari Ini, Tujuh KPU Kabupaten/Kota Gelar Penghitungan Suara

  • Bagikan

radarlampung.co.id – Rapat pleno penghitungan surat suara (tungsura) Pilgub Lampung 2018 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) memasuki tingkat kabupaten/kota.

Menurut jadwal, tujuh kabupaten/kota melangsungkan tungsura hari ini (4/7). Yakni Metro, Waykanan, Tulangbawang, Lampung Utara, Pesisir Barat, Pesawaran, dan Bandarlampung. Sementara besok (5/7), rapat pleno tingkat kabupaten/kota berlangsung di Tuba Barat, Mesuji, Tanggamus, Lampung Tengah, Lampung Barat, Lampung Timur, Lampung Selatan, dan Pringsewu.

“Sesuai tahapan mulai besok (hari ini) pleno tingkat kabupaten/kota dimulai. Sesuai jadwal yang telah disebutkan besok ada 7 kabupaten/kota,” ungkap Komisioner KPU Lampung M. Tio Aliansyah kepada Radar Lampung melalui pesan WhatsApp-nya.

Masing-masing KPU kabupaten/kota menentukan sendiri lokasi pleno. Misalnya KPU Bandarlampung di aula KPU setempat. Lamtim, Tuba, Metro, Lamprua, dan Pringsewu juga menggunakan sekretariat KPU setempat sebagai lokasi pleno. Namun beberapa daerah lainnya tidak. Misalnya Lambar di ruang rapat pemerintah kabupaten setempat.

Baca Juga:   Tujuh Daerah di Lampung Ini Berstatus Zona Merah Covid-19

Sedangkan Tanggamus, karena berbarengan dengan pelno tungsura pemilihan bupati (pilbub) setempat, maka pleno akan berlangsung di aula mapolres setempat. Sedangkan Pesawaran di Museum Nasional Transmigrasi Lampung, Kecamatan Gedongtataan; Pesisir Barat di Gedung Serba Guna Selalaw Labuhan Jukung; dan Mesuji di aula sekretariat kabupaten di Brabasan.

Kemudian Waykanan di aula PKK kabupaten; Lamteng di Hotel Spark Bandarjaya, Tuba Barat di Wisma Asri Tirta Makmur, dan Lamsel di Aula Negri Baru Resort Kalianda. Ketua KPU Bandarlampung Fauzi Heri mengatakan sudah mempersiapkan tungsura dengan baik.

“Karena ada 20 kecamatan, maka per kecamatan ditarget 15 menit. Sekitar 300 menit. Artinya kalau dijadikan jam bisa mencapai 5 jam,” sebut Fauzi.

Baca Juga:   BUMN Bantu Sulap Wisma Haji Rajabasa Jadi RS Darurat Covid-19

Pleno bakal dimulai pukul 10.00 WIB. Maka jika sesuai jadwal dan tidak ada halangan, pleno diperkirakan selesai pukul 16.00 WIB. (rma/c1/dna/gus)




  • Bagikan