Hati-hati Melintas! Jalur Liwa-Ranau Amblas

  • Bagikan
Longsor bahu jalan provinsi di Kecamatan Sukau, Lampung Barat yang membahayakan pengguna jalan. FOTO DOKUMEN DINAS PUPR LAMPUNG BARAT

RADARLAMPUNG.CO.ID – Bahu jalan provinsi ruas Liwa-Ranau di kawasan hutan lindung Register 48B Palakia, tepatnya di Gunungpasir, Pekon Bandarbaru, Kecamatan Sukau, Lampung Barat amblas.

Peristiwa yang terjadi akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari terakhir langsung mendapat penanganan dari tim UPTD Bina Marga dan Bina Kostruksi (BMBK) Lampung, Dinas PUPR Lambar, BPBD, Satlantas Polres Lambar, Camat Sukau dan peratin setempat.

Petugas telah memasang sejumlah rambu untuk mengarahkan pengendara agar tidak melintas di dekat bahu jalan yang longsor tersebut. Upaya penanganan dilakukan dengan melakukan pelebaran jalan dan pembangunan tanggul.

Peratin Bandarbaru Nadirsyah Akmal mengatakan, longsor terjadi saat hujan deras sekitar pukul 17.00 WIB, Selasa (20/4).

Baca Juga:   Kerumunan Organ Tunggal di Semaka, Polisi Buru Penyelenggara

“Longsor ini di picu tidak adanya saluran drainase. Akibatnya air hujan menggenang dan menggerus tebing sehingga terjadi longsor,” kata Nadirsyah.

Longsor tersebut memiliki kedalaman sekitar 11 meter dan panjang sekitar 10 meter. Meski saat ini telah ada upaya penanganan dari Dinas PUPR, namun pihaknya berharap ada langkah pencegahan agar longsor tidak meluas. Salah satunya dengan membangun saluran drainase di lokasi.

“Untuk arus lalu lintas, baik kendaraan roda dua maupun roda enam masih bisa melintas satu arah. Karena satu jalur di tutup. Sebab kita khawatir terjadi longsor susulan,” sebut dia.





  • Bagikan