HDKD ke-76, Kanwil Kemenkumham Lampung Terus Berinovasi dan Raih Prestasi

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam rangka Hari Dharma Karyadhika (HDKD) ke-76 tahun, Kemenkumham Lampung terus berinovasi. Hal ini walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19. Itu dikatakan oleh Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso, setelah mengikuti upacara peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke – 76 secara virtual melalui aplikasi zoom, di Aula Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Lampung, Sabtu (30/10).

Upacara tersebut dihadiri langsung oleh seluruh pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Kepala UPT di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Lampung, serta seluruh pegawai Kanwil Lampung secara virtual.


Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna H. Laoly yang bertindak sebagai Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan bahwa kedepannya, tanggal 19 Agustus akan ditetapkan sebagai sebagai Hari Lahir Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Penetapan ini berdasarkan kajian, penelusuran sejarah, dan pengumpulan bukti-bukti autentik, serta wawancara beberapa pakar hukum yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Ke depan, Hari Dharma Karya Dhika akan diperingati pada tanggal 19 Agustus setiap tahunnya. Keputusan ini sekaligus mencabut Keputusan Menteri Kehakiman tahun 1985.
Menteri Hukum dan HAM RI juga menegaskan, bahwa jangan pernah puas dengan prestasi yang telah dicapai. Kemenkumham harus menjadi pioneer dalam mendorong terciptanya pemerintahan yang dinamis, bagaimana membuat birokrasi ini lebih adaptif dalam menghadapi berbagai situasi, cepat, tepat, dan akurat dalam pengambilan keputusan serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Baca Juga:   Bandarlampung Tutup Semua Tempat Wisata Pada Natal dan Tahun Baru

Plt Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso, terbukti bahwa Kanwil Kemenkumham Lampung banyak meraih prestasi ditingkat nasional.

“Kita juara satu lomba pembuatan aplikasi kategori Unit Eselon I dan Kantor Wilayah, juara satu menembak dan juara satu cerdas cermat. Yang dimana cerdas cermat ini berkaitan di bidang Keuangan, dan Barang Milik Negara (BMN),” katanya.

Tak hanya itu saja, di lomba game sport pihaknya pun menjuarai lomba game PUBG Mobile. Dimana menurut dia, ini merupakan keseriusan pihaknya dalam meraih prestasi bagi para pegawai.

“Artinya kita tetap berkreasi dan berinovasi terus kita ciptakan walaupun di masa pandemi Covid-19 ini,” kata dia.
Selain itu, pihaknya pun mengadakan bakti sosial, pameran dan pemberian santunan kepada jajaran yang telah gugur karena Covid-19. “Kawan-kawan kita yang wafat karena Covid-19 di Lampung ini ada tiga orang. Dan sudah kita berikan santunan sebesar Rp8 juta untuk keluarganya,” jelasnya.

Baca Juga:   Banjir Rob, Air Genangi Pemukiman Pesisir Bandarlampung

Adapun rangkaian kegiatan HDKD ke-76 kemenkumham yaitu, Doa bersama untuk Negeri, Lomba Film Inovasi Pelayanan Publik dan Konten Kreatif, Lokakarya Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM, Seminar Nasional, Lomba Cerdas Cermat Akuntansi dan Barang Milik Negara, Skill and Challenge (menembak), Lomba PUBG Online, Kumham Peduli Kumham Berbagi, Empati Kumham bagi Keluarga ASN yang meninggal dunia Karena Covid-19, SIlaturahmi Sesepuh, Pelayanan Publik “Legal Expo”, Tabur Bunga TMP Kedaton Bandar Lampung, dan puncak HDKD tanggal 30 Oktober 2021 Upacara Peringatan HDKD Tahun 2021 dan Pemberian Anugerah HDKD Tahun 2021.
Ditanya terkait harapan di Hari Dharma Karyadhika, dirinya menambahkan kedepannya pelayanan kepada masyarakat semakin ditingkatkan.

“Harapan kita dengan peringatan hdkd yang ke-76 ini kita harapkan kedepan, kita bukannya makin loyo tapi kita terus berinovasi dan berkarya agar pelayanan kepada masyarakat semakin ditingkatkan,” pungkasnya. (ang/)





Baca Selengkapnya...





  • Bagikan