Heboh Gerhana Matahari, Ini Daerah yang Dapat Menikmatinya

  • Bagikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi beberapa wilayah di Lampung bakal didatangi fenomena gerhana matahari cincin (GMC), hari ini (21/6).

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, GMC di Indonesia datang kebali setelah tahun lalu, pada pukul 14.00 WIB, dan di Lampung pada pukul 14.41 WIB.

“GMC diperkirakan bisa teramati di Lampung sekitar 14.41, dan puncaknya pukul 15.11 dan berakhir pada pukul 15.33 WIB,” katanya.

Sayangnya, kali ini beberapa wilayah  tidak bisa mengamati fenomena ini, termasuk Bandarlampung.

“Gerhana yang teramati dari Lampung berupa gerhana matahari sebagian dengan magnitudo gerhana terntang antara 0,001 di Metro hingga 0,037 di Wiraga Mulya, jadi Gerhana ini tidak akan teramati di Bandarlampung, Krui, Liwa, Kota, Agung, Pringsewu, Gedongtataan, dan Kalianda, tapi kita lihat saja nanti,” ungkapnya.

Baca Juga:   Bantuan Beras 6.767 Ton Disalurkan, Bandarlampung Didahulukan

Bagi wilayah lain yang masih bisa menyaksikan GMC ini diimbau tidak melihat langsung dengan mata telanjang.

“Pakai alat bantu optik seperti kacamata, atau teropong jarak jauh,” imbaunya.

Gerhana matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke bumi.

“Fenomena yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan matahari, bumi, dan bulan ini terjadi pada saat fase bulan baru. Adapun gerhana bulan terjadi ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan dan terjadi pada saat fase purnama,” pungkasnya.(mel/sur)




  • Bagikan