Tuba  

Hendak Bawa Sayuran ke Pasar Unit 2, Warga Lambar Jadi Korban Komplotan Curas


Tim Anti Begal Polres Tulangbawang menangkap komplotan pelaku curas. Foto Humas Polres Tulangbawang
Tim Anti Begal Polres Tulangbawang menangkap komplotan pelaku curas. Foto Humas Polres Tulangbawang

RADARLAMPUNG.CO.ID – Handoko (32), warga Pekon Gedung Surian, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat, bersama rekannya Krisna Mediawan (20), menjadi korban komplotan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) di Jalan Lintas Timur (Jalintim), Lingkungan Bugis, Kelurahan Menggala Kota, Kecamatan Menggala, Tulangbawang.

Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (7/5), sekitar pukul 03.30 WIB. Ketika itu, keduanya mengendarai mobil truk berisi sayuran hendak dibawa ke Pasar Unit 2.





Kasat Reskrim Polres Tulangbawang AKP Wido Dwi Arifiya Zaen mengatakan, modus yang digunakan para pelaku komplotan curas yakni menghentikan kendaraan korban di tengah jalan.

Para pelaku kemudian memaksa meminta uang sebesar Rp500 ribu. “Jika korban tidak bisa memberikan uang tersebut, para pelaku ini mengancam bahwa korban tidak bisa keluar dari daerahnya,” kata AKP Wido, Minggu (8/5).

Baca Juga:   Niat Cari Kayu, Warga Tuba Tewas Diterkam Buaya

Karena korban tidak kunjung memberikan uang yang diminta, para pelaku langsung memaksa masuk ke dalam kendaraan dan mengambil uang tunai sebesar Rp35 ribu serta dua unit handphon (HP): Oppo A15 warna hitam dan Samsung A10S warna hitam.

Akibat peristiwa ini korban mengalami kerugian yang ditaksir sebesar Rp3 juta.

Sadar menjadi korban pencurian, korban lalu melaporkan peristiwa tersebut ke Mapolres Tulangbawang.

Polisi bergerak. Kurang dari 24 jam akhirnya tiga dari empat pelaku berhasil ditangkap Tim Anti Begal Polres Tulangbawang pada Minggu (8/5), sekitar pukul 02.00 WIB, di lingkungan Bugis, Kelurahan Menggala Kota, Kecamatan Menggala.

Mereka adalah DA (35), HS (32), dan ST (19). Ketiganya merupakan warga Lingkungan Bugis, Kelurahan Menggala Kota. Sementara satu pelaku lain masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Baca Juga:   Senggolan dengan Supra Fit, Pengendara Vixion Tewas Terjatuh

Dari tangan para pelaku ini polisi menyita barang bukti (BB) dua unit HP milik korban yang diambil oleh para pelaku saat melakukan aksinya.

Para pelaku kini ditahan di Mapolres Tulangbawang dan akan dikenakan Pasal 365 ayat 2 ke 2 KUHPidana tentang pencurian dengan kekerasan. Diancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun. (nal/sur)