Hentikan Penyemprotan Disinfektan di Jalan!

  • Bagikan
ILUSTRASI/FOTO ALAM ISLAM/RADARLAMPUNG.CO.ID

RADARLAMPUNG.CO.ID – Penyemprotan disinfektan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 tingkat pekon di Lampung Barat di jalan utama dinilai kurang efektif.

Karena itu Satgas Penanganan Covid-19 kabupaten meminta camat dan peratin untuk tidak lagi melakukan penyemprotan disinfektan di jalan-jalan.

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Maidar mengungkapkan, jika satgas pekon ingin melakukan penyemprotan disinfektan, lebih baik menyasar rumah warga dan fasilitas umum seperti masjid dan lainnya.

“Covid-19 itu terus merupakan jenis virus yang tidak mampu bertahan hidup lama jika berada di luar inang atau makhluk hidup. Virus ini juga tidak mampu bertahan pada suhu diatas 56 derajat celcius selama 30 menit. Jadi bagaimana mungkin ada virus yang hinggap di aspal, makanya tidak perlu disemprot,” ungkapnya.

Baca Juga:   Salurkan 310 Ton Bantuan Beras PPKM untuk 31.017 KPM

Karena itu, ia menegaskan, bahwa satgas pekon maupun kecamatan harus lebih fokus dengan penanganan dan pencegahan. Termasuk jaring pengamanan sosial terhadap warga yang terdampak dan terpapar.

“Sekarang ini, bagaimana agar masyarakat sadar akan adanya virus sehingga mereka taat menjalankan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah,” tegasnya. (nop/ais)




  • Bagikan